Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Memilih Warna Batik yang Cocok dan Pantas untuk Warna Kulitmu

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Model baju batik​ modern yang beragam membuat kita lebih mudah menjatuhkan pilihan pada busana ini untuk digunakan dalam berbagai kesempatan. Sekarang, Batik tidak hanya cocok digunakan untuk menghadiri acara-acara adat dan acara resmi saja, melainkan banyak juga ​model batik​ yang didesain lebih kasual sehingga terlihat keren ketika dikenakan pada acara-acara santai dan semi-formal.


Banyaknya pilihan membuat kita lebih leluasa dalam menentukan model, gaya, corak, maupun warna dari baju batik tersebut. Namun, saying pilihan yang beragam tersebut sering kali membuat kita hilang arah untuk menentukan kira-kira manakah yang paling cocok untuk kita gunakan?

Tidak hanya itu, kenyataanya yang juga sangat banyak adalah di antara kita tentu kesulitan untuk memilih dan memadukan warna baju batik agar pas dan cocok sesuai warna kulit.

Pasalnya, tidak hanya model baju yang akan membuat kita terlihat lebih baik atau sebaliknya, pilihan warna juga akan memberikan efek yang sama. Misal, jika kulitnya berwarna sawo matang. Maka memilih baju batik berwarna gelap akan membuatmu terlihat lebih pantas.

Sebaliknya, memilih warna-warna terang yang terlalu ‘show off’ justru membuatmu jadi tampak norak. Atau kesannya kurang cocok untuk kulitmu. (noted: Itu sih, kata orang-orang, ya. Saya pribadi tidak setuju dan orang tua saya yang berkulit sawo justru menghindari pakaian gelap).

Agar kamu tetap bisa tampil keren saat mengenakan batik, kamu bisa mengikuti beberapa tips memilih warna batik yang cocok berdasarkan warna kulit berikut ini.


Batik yang cocok untuk warna kulit sawo matang


Sebagian besar warna kulit masyarakat Indonesia adalah sawo matang. Warna kulit yang agak gelap dan terlihat eksotis ini sangat cocok jika mengenakan ​model baju batik​ yang didominasi oleh warna:

  • Merah maroon
  • Coklat gelap
  • Kombinasi hitam dan warna emas
  • Warna tosca
  • Warna ungu gelap


Berbagai pilihan warna di atas sangat cocok apabila digunakan pada orang yang memiliki jenis kulit berwarna sawo matang. Di samping warna-warna yang pantas untuk dikenakan tersebut, ada juga beberapa pilihan warna yang sebaiknya dihindari karena cenderung kurang pantas apabila dipadukan dengan kulit berwarna sawo matang, seperti baju batik berwarna terang dan cerah seperti warna pink, warna krem, atau warna coklat terang, serta merah sebaiknya dihindari.


Warna baju batik yang cocok untuk kulit kuning langsat


Selain warna sawo matang, masyarakat Indonesia juga banyak yang memiliki warna kulit kuning langsat. Warna kulit ini sangat cocok apabila dipadukan dengan warna-warna tropis seperti merah, jade/hijau, biru, putih, dan cocok juga menggunakan warna kuning.

Kulit kuning langsat juga cocok menggunakan warna hijau giok kuning kecoklatan, dan merah muda. Sedangkan untuk warna-warna netral, mereka bisa menggunakan warna hitam selain warna putih.


Pilihan warna baju batik yang cocok untuk kulit putih cerah


Walaupun terlihat pantas menggunakan berbagai warna pakaian, namun tetap saja pemilik kulit berwarna putih cerah perlu menghindari beberapa warna karena warna tersebut akan terlihat terlalu mencolok atau sebaliknya akan membuat kulit jadi tampak pucat. Misalnya warna hitam dan warna putih.

Beberapa pilihan warna ​model baju batik​ yang cocok warna kulit yang putih antara lain: warna biru yang cerah, warna zamrud, warna ungu juga akan terlihat sangat cantik, warna dengan nuansa lavender yang dingin, warna pink, serta biru es.

Kalau kamu ingin terlihat lebih hangat, kamu bisa memilih warna-warna seperti merah cerah, kuning pucat atau warna ruby. Sedangkan untuk warna Netral, kamu bisa mengenakan batik putih terang tahu biru laut.

Di bagian atas, meskipun telah disebutkan beberapa warna yang sebaiknya dihindari seperti warna putih dan hitam, tetapi bagi kamu yang memiliki kulit putih cerah sebaiknya tidak menggunakan warna orange dan merah tomat.


Nah, di atas hanyalah tips yang boleh dipakai boleh juga diabaikan. Toh dalam fashion tidak ada kata benar atau salah, tidak ada istilah lebh baik atau buruk. Selama kamu percaya diri menggunakannya dan melakukannya dengan niat baik, tidak masalah berkespresi menggunakan batik warna apa pun.



[unidzalika.com]




Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: