Diberdayakan oleh Blogger.

Bingung Memilih Batik yang Berkualitas Bagus? Kenali Dulu Tipsnya!

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Batik merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang dari zaman dulu masih terus ada hingga di zaman modern seperti sekarang ini. Kekayaan budaya yang satu ini tidak hanya terkenal di Indonesia saja, tapi juga di luar negeri, bahkan batik pernah dipergunakan oleh beberapa selebriti luar negeri saking kagumnya pada batik Indonesia.

Dalam membuat pakaian batik, baik itu kemeja, bawahan, dress, atau atasan, tentunya diperlukan kain batik yang berkualitas bagus. Dengan menggunakan kain yang berkualitas bagus, siapapun yang memakainya akan merasa nyaman dan betah menggunakannya meskipun dalam waktu yang lama. Kalau Anda masih awam dengan kain batik, Anda bisa mengikuti tips-tips di bawah ini agar tidak salah memilihnya.


1. Ketahui jenis kain batik yang diinginkan terlebih dahulu

Sebelum Anda benar-benar membeli kain batik, lebih baik ketahui terlebih dahulu jenis kainnya yang ingin dibeli, karena kain batik memiliki jenis yang berbeda-beda dan dibagi berdasarkan cara pembuatannya serta daerah asalnya. kalau dilihat dari cara pembuatannya, jenis kain batik terbagi menjadi 2, yakni batik tulis dan batik cap.

Dibandingkan batik cap, batik tulis sebenarnya memiliki kualitas yang lebih bagus, karena pembuatannya yang rumit dan lebih estetika. Batik tulis dibuat dengan menggunakan tangan langsung dan membutuhkan waktu yang lama dalam setiap prosesnya. Karena prosesnya yang rumit, jumlah yang dihasilkan untuk membuat batik tulis hanya terbatas saja. Jadi tidak heran kalau batik tulis terkesan lebih eksklusif.

Jika Anda memang ingin mendapatkan nilai historis pada kain batik Anda, pilih saja batik tulis. Tapi, kalau Anda ingin mendapatkan corak yang bermancam-macam, tidak ada salahnya juga memilih batik cap.


2. Perhatikan pula jenis bahannya

Kalau sudah mengetahui jenis kain apa yang ingin dibeli, selanjutnya Anda perlu memperhatikan jenis bahannya. Setiap kain batik tentu saja memiliki ciri khas bahannya tergantung daerah pembuatannya. Kalau Anda tepat memilih jenis bahannya, nantinya Anda akan lebih nyaman saat memakainya. Sebaiknya, gunakan jenis bahan yang sesuai dengan acara yang ingin datangi, misalnya saja Anda yang ingin ke acara formal atau resepsi, bisa memilih bahan sutera.

Tapi, kalau Anda menggunakan batik hanya untuk acara santai atau dipakai sehari-hari, lebih baik pilih bahan katun agar Anda tidak mudah kepanasan dan bisa menyerap keringat. Selain kedua bahan tersebut masih ada jenis bahan paris, mori, serta serat nanas. Intinya, pilih saja sesuai dengan kebutuhan Anda, ya.


3. Cek kedua sisi batik untuk memastikan kualitas cetakan

Tips yang satu ini memang sering kali dilupakan oleh banyak orang, apalagi orang-orang yang masih awam terhadap kain batik. Padahal, mengecek kedua sisi kain batiknya sangatlah penting untuk melihat apakah bagian luar dan dalamnya memiliki kualitas warna yang sama.

Bandingkan baik-baik kedua sisi kain batik yang Anda pilih, kalau kedua sisinya memiliki kualitas warna yang sama, maka tidak perlu diragukan lagi kalau kualitas kainnya sudah bagus. Tapi, kalau Anda melihat salah satu sisinya memiliki warna yang sedikit buram dan terlihat ada bercak cacatnya, sebaiknya jangan dipilih karena kualitasnya tidak bagus.


Dengan mengetahui tips-tips memilih kain batik, Anda sudah tidak akan bingung lagi dalam membelinya.


[guyuy.com]




Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: