Diberdayakan oleh Blogger.

Batik Dinilai Mampu Tingkatkan Pangsa Pasar di Dunia

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Kementerian Perindustrian optimistis batik mampu tingkatkan pangsa pasarnya di dunia, mengingat nilai perdagangan produk pakaian jadi dunia yang mencapai 442 miliar dolar AS.


"Saat Indonesia menjadi market leader yang menguasai pasar batik dunia. Persaingan dengan Malaysia, Cina dan Singapura yang juga memproduksi batik perlu kita waspadai agar tidak menggeser posisi daya saing batik nasional," kata Dirjen Industri Kecil Menengah (IKM) Kemenperin Gati Wibawaningsih di Jakarta, Selasa (14/8).

Untuk itu, lanjutnya, Indonesia perlu menjaga dan melestarikan nilai budaya batik dengan penguatan branding dan perlindungan Hak Kekayaan Intelektual. Gati menyampaikan hal itu pada pergelaran Pasar Tiban Anne Avantie untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-73, pada 14-19 Agustus 2018 yang diberi tema Sekali Merdeka Tetap Merdeka.

Kemenperin mencatat nilai ekspor batik dan produk batik sampai pada tahun 2017 mencapai 58,5 juta dolar AS dengan pasar utama Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa.



[republika.co.id]




Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: