Diberdayakan oleh Blogger.

Perajin Batik Diminta Jaga Standar Kualitas

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendorong perajin batik untuk mempertahankan kualitas karya yang dihasilkan. Pasalnya, tak sedikit perajin yang kewalahan menjaga kualitas ketika mendapat pesanan dalam jumlah besar.

”Kontinuitas harus dipenuhi. Jangan hanya bagus di contohnya saja, seterusnya juga harus bagus,” ujar Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Sri Puryono saat mengunjungi acara Batikcraft Vaganza di Mall Paragon, Semarang, Rabu (1/8).


Sri mengatakan, selain kualitas, hal lain yang masih sering dikeluhkan adalah mahalnya harga bahan baku pembuatan batik. Keluhan ini datangnya dari para pengrajin sendiri.

Oleh karenanya, Sri berujar bahwa pemprov tengah menggiatkan koperasi dan mendorong para pengrajin untuk masuk di dalamnya. ”Sehingga, mempermudah pemerintah melakukan pembinaan, memfasilitasi, hingga memberikan bantuan. Termasuk bantuan peralatan, selain bahan,” ujarnya lagi.

Batik Indonesia sendiri, sebagaimana diketahui dan ditegaskan Sekda, sudah diakui dunia melalui UNESCO pada tanggal 2 Oktober lalu. Yang kemudian ditetapkan menjadi Hari Batik Nasional.

Pengakuan terhadap batik ini, diakui Sri, juga ia dapatkan ketika mengunjungi beberapa acara di luar negeri. Dimana menurutnya, batik yang ia kenakan selalu mendapat apresiasi. ”Malah sekarang orang luar Negeri lebih suka kalau diberi souvenir batik daripada yang lainnya,” sambungnya.

Atas tingginya apresiasi ini, bisa dikatakan permintaan batik bakal meningkat kian harinya. Selain meminta para perajin untuk terus berinovasi dan berkreasi mengikuti selera pasar, dukungan dari masyarakat juga dibutuhkan guna terus memotivasi para pelaku kesenian ini.

Dalam hal ini, Sekda mengajak masyarakat untuk menghidupi perajin melalui tindakan pembelian. ”Kata kuncinya, membeli adalah membantu,” ujarnya.

Sedangkan pemerintah, dalam mendukung kreator batik agar dapat terus berkembang, selain yang sudah disebutkan tadi, bekerja dengan cara menghadirkan pelatihan kepada sumber daya manusianya. Hingga dalam aspek pasar.

”Seperti di bandara itu sedang kami rumuskan supaya ada stan UMKM batik ke depannya. Jadi, begitu masuk Semarang ciri khasnya ada konter batik Jawa Tengah,” tandasnya.


[jawapos.com]




Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: