Diberdayakan oleh Blogger.

3 Jenis Malam (Lilin) Batik dan Fungsinya

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Menutup bidang kain mori dengan lilin batik merupakan salah satu proses paling penting yang wajib dilakukan dalam pembuatan batik. Tujuan utama dilakukannya proses ini yaitu agar motif batik dapat terbentuk ketika pewarnaan berlangsung.


Malam yang dipergunakan untuk membatik pun berbeda dengan malam atau lilin biasa. Sebab malam batik ini pada prinsipnya tidak akan habis (hilang) ketika digunakan untuk membuat batik dan dapat diambil kembali usai proses pembuatan batik berakhir.

Komposisi malam yang dihasilkan dari daerah satu dengan daerah lain bisa saja berbeda karena sedikit banyak dipengaruhi oleh sifat bahan sebagai unsur pencampuran lilin seperti parafin, gondorukem, lemak bintang, atau minyak nabati. Dalam pembuatannya pun lilin malam juga memiliki kriteria khusus yang berbeda.

Kalau berdasarkan jenis dan kegunaannya lilin atau malam batik sendiri dapat di bagi menjadi beberapa varian, diantaranya malam klowong, malam tembokan, dan juga malam biron.

  • Malam klowong berfungsi untuk untuk nglowongi atau pelekatan pertama pada motif yang sudah dibuat (mempertegas pola). Lilin dengan jenis klowong ini memiliki sifat mudah sekali encer dan membeku.
  • Malam tembokan atau popokan berfungsi untuk mengisi bidang yang luas pada sebuah pola agar kain yang bergambar motif dapat dirintangi. Lilin jenis tembokan ini memiliki daya lekat yang kuat dan tidak mudah remuk.
  • Malam biron atau malam tutupan berfungsi untuk menutupi warna motif tertentu yang dipertahankan pada kain setelah dicelup atau dicolet. Lilin ini memiliki sifat seperti lilin klowong, mudah cair dan membeku.


Dengan memanfaatkan dua sifat bahan yang saling bertolak belakang dan tidak dapat menyatu seperti halnya malam yang mengandung minyak dan pewarna yang mengandung air, bahan kain yang diberi lilin pun secara otomatis tidak bisa ditembus oleh pewarna.

Bagus tidaknya komposisi dan kualitas bahan lilin yang digunakan dalam proses pembatikan sangat berpengaruh pada kualitas kain batik yang dihasilkan. Oleh karena itulah penting bagi anda untuk memilih malam dengan kualitas terbaik jika ingin mendapatkan kain batik yang bagus kualitasnya.

[infobatik.id]




Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: