Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenal dan Belajar Melukis Batik Jepang

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Apabila Indonesia punya Pekalongan sebagai pusat batiknya, Jepang pun punya kerajinan itu juga.

detikTravel bersama Jetstar dan OCVB (Okinawa Convention & Visitors Bureau) megunjungi salah satu tempat kerajinan batik itu beberapa waktu lalu. Nama batik di Okinawa, Jepang yaitu bingata.

Lokasinya ada di Okinawa World, Prefektur Okinawa, Jepang, bernama Bingata Studio Yukuru. Masih satu lokasi dengan gua terpanjang di Jepang.

Batik di Okinawa berbeda dalam hal prosesnya. Pengrajinnya menggunakan kuas, bukan canting saat membatik.


Di Okinawa World ada satu studio yang menyediakan pembelajaran dan praktik membatik. Anda akan diberi satu kain kecil yang sudah terdapat motif juga sudah diberi lilin pembatas di dalam kanvasnya itu.

Traveler hanya perlu mewarnai bagian-bagian yang kosong sesuai gambar panduan. Jangan ragu untuk membloknya ya.

Setelah digambar, tiriskan hasil kanvas traveler selama satu minggu. Proses selanjutnya adalah menyetrika kanvas dengan di atasnya dilapisi kertas, lalu rendam kanvas ke air panas selama setengah jam.

Cat dan lilin akan memudar dan hasil lukisan Anda akan terlihat. Proses selanjutnya adala pengeringan.

Motif batik Okinawa atau bingata amat dipengaruhi budaya lokal. Gambarnya antara lain shisa atau singa, bunga dan burung-burung lokal, namun traveler juga bisa membuat desain sendiri.

Mengenai bingata ini, kata guide kami, Ai Munakata mneyebut bahwa ada percampuran budaya di dalamnya. Hal itu sangat terpengaruh dengan budaya di Asia Tenggara.

Namun ia tak bisa menjelaskan lebih detail apa ada kemungkinan keterikatan budaya dari Indonesia atau tidak. Yang pasti, hasil kerajinan ini bisa menjadi salah satu oleh-oleh bagi traveler yang berkunjung ke Okinawa.

[detik.com]




Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: