Diberdayakan oleh Blogger.

Batik Semarang dan Penjelasannya

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Asal muasal berkembangnya batik Semarang tersebar ke seluruh Indonesia, berasal dari seorang menantu Sri Sultan Hamengkubuwono III yang berketurunan China bernama Tan Siauw Liem. Menantu keturunan China ini menikah dengan RA. Dinartiningsih yang kemudian mewarisi ilmu untuk membatik dan berkembang menjadi sebuah perusahaan pembuat batik yang pada akhirnya diwariskan oleh putrinya yang bernama R. Sri Murdijanti.

Kemudian pada tahun 1942 sampai 1945 ketika perusahan batik Semarang ini maju, akhirnya di porak-porandakan oleh tentara Jepang pada masa tersebut. Dari beberapa referensi sejarah Semarang, ternyata kehancuran sentra batik di Semarang ini terjadi dua kali ketika pemerintah Belanda diserang oleh tentara Jepang dan ketika terjadi pertempuran lima hari masyarakat Semarang dengan tentara Jepang.

Sejarah batik Semarang yang singkat tersebut tentunya jika kita perhatikan, hal tersebut menjadi sebuah tolak ukur yang mencerminkan karakteristik yang khas batik dari Semarang ini.


MOTIF BATIK SEMARANG

Motif batik Semarang sangatlah natural, berasal dari ide kreatifitas yang terlahir dari para pengrajinnya. Tentunya pengrajin tersebut memiliki kebudayaan yang kental dengan ciri khas budaya Semarang, oleh karena itu motif batik yang sering ditampilkan dari batik Semarang yaitu beberapa gambar rumah adat istiadat, mesjid, tanaman, binatang, dan beberapa relief khas dari kota Semarang.

Untuk pembakuan sebuah motif atau corak di Semarang belum direalisasikan layaknya batik Solo, batik Jogja, batik pekalongan, dan beberapa kota lainnya yang membuat batik dengan peresmian corak yang khas dari masing-masing kota. Hal tersebut menjadikan sebuah hal positif atau negatif bagi para pecinta batik tentunya, positifnya adalah bagi Anda yang menyukai corak natural yang memang murni dari ide kreatifitas pengrajin batik hal itu akan menghasilkan kesan yang indah.

Akan tetapi, sebagian ada yang kurang menyukainya karena belum terlihat sebuah kesan cirikhas yang mencerminkan batik budaya yang berasal dari Semarang. Walaupun sebenarnya, dengan belum adanya sebuah pembakuan dari pemerintah setempat akan corak dan cirikhas batiknya, secara otomatis cirikhas tersebut sudah timbul dan memberikan kesan yang tersendiri bagi yang memperhatikannya.



BATIK SEMARANG DAN PENJELASANNYA

Ciri khas batik Semarang sangatlah unik, terdapat beberapa keunikan jika dilihat dari segi warna dan corak, yakni sebagai berikut:

  1. Warna yang dihasilkan mencerminkan sebuah perpaduan kebudayaan yang berasal dari budaya China, Indonesia, dan Belanda. Warna yang biasa mereka tampilkan adalah kesan warna cerah seperti budaya China yang pada umumnya menyukai warna cerah. Kemudian kadang kalanya warna merah maroon sering ditampilkan hal tersebut berasal dari kebudayaan Belanda yang sering menggunakan dominasi warna tersebut.
  2. Sejarah dari tanaman, binatang, dan beberapa cirikhas kota Semarang menjadikan sebuah corak yang unik dan hal itulah yang memang sangat mencerminkan sekali batik dari Semarang.
  3. Beberapa cerita legenda kebudayaan Semarang pun sering ditampilkan berupa gambaran sederhana, sehingga kesan cerita tersebut sangat menonjolkan arti dari Semarang itu sendiri.


Walaupun saat itu batik Semarang memiliki beberapa kendala yaitu kesulitan mencari pengrajin yang mau menekuninya. Akan tetapi, setelah melakukan sebuah upaya di tahun 2005 yang dipelopori Pemerintah Kota Semarang berupa pelatihan dan penyebaran informasi untuk seluruh masyarakat sekitar, akhirnya saat ini sudah mulai muncul para pengrajin batik yang mahir membuat sebuah inovasi baru dari motif yang khas sebagai kota Semarang. Itulah uraian singkat mengenai keunikan batik Semarang di mata masyarakat Indonesia, semoga dapat membantu menambah wawasan Anda.

[lairdassoc.com]




Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: