Diberdayakan oleh Blogger.

Batik Papua, Bentuk Keanekaragaman Batik di Indonesia

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Cenderawasih, Tifa Honai, Kamoro, Sentani, dan Asmat.

Tentu sudah dapat diterka bahwa kelima nama diatas berasal dari Papua. Namun, tahukah kalian bahwa nama-nama tersebut adalah nama untuk motif batik? Yap! Papua juga memiliki motif batik sendiri. Memang masih asing mengetahui bahwa Papua memiliki batik, karena batik selalu diidentikan dengan Pulau Jawa, seperti megamendung, truntum, parang, atau pun kawung.

Batik Papua bermula ketika Pemerintah Indonesia mendapatkan bantuan dari United Nations Development Programme (UNDP) untuk program pemberdayaan kebudayaan di Indonesia bagian Timur pada tahun 1985. Dalam program pemberdayaan ini, pemerintah setempat secara khusus mendatangkan langsung pelatih batik dari Jawa, khususnya Yogyakarta.

Perbedaan motif batik papua dengan jenis batik lainnya di Nusantara terletak pda motifnya. Jika motif Solo dan Jogja, biasanya dibuat simetris maka motif Papua justru kebalikannya. Motif batik Papua kerap dibuat asimetris dengan tambahan kombinasi warna cerah, membuat motif batik Papua terlihat lebih eksotis. Oh iya, perbedaan lainnya terletak pada penggunaan jenis motif yaitu batik Jawa lebih banyak mengandung simbolisasi dalam penggunaan jenis motif sedangkan motif batik Papua sebagian besar menampilkan kedekatan dengan unsur alam. Berikut lima motif batik Papua yang harus kalian ketahui.


Motif Batik Cendrawasih


Motif Batik Papua yang pertama adalah motif Cenderawasih. Motif ini lebih menonjolkan kecantikan burung Cenderawasih dan alat musik Tifa. Tidak ada corak tanaman dalam motif batik ini, burung Cendrawasih dan Tifa keduanya berwarna keemasan, sehingga terlihat lebih mencolok apalagi ditambah dengan warna dasar merah. Motif batik ini tersirat sebuah pesan asal muasal batik tersebut berasal.


Motif Batik Tifa Honai 


Motif batik Tifa Honai ini memiliki makna filosofis yang mendalam. Apabila diterjemahkan, maka motif ini akan diartikan sebagai rumah kebahagiaan, yakni rumah yang dipenuhi dengan kebahagiaan.


Motif Batik Kamoro 


Motif Batik Kamoro memiliki ciri khas dengan motifnya yang asimetris. Motif ini memperkenalkan keindahan alam serta keunikan seni ukir Suku Kamoro. Biasanya motif batik Kamoro berupa simbol Patung Berdiri. Motif batik Kamoro terkadang memiliki perbedaan mulai dari gaya, ekspresi patung, baju atau aksesoris, tak jarang pula didukung dengan motif tumbuhan khas Papua.


Motif Batik Sentani 


Motif batik Sentani memiliki simbol gambar alur melingkar. Motif batik Sentani dengan ciri gambar alur batang kayu yang melingkar-lingkar dengan jenis warna hanya satu atau dua warna dan ada pula motif yang divariasi dengan sentuhan garis emas dan dijuluki batik prada.


Motif Batik Asmat


Motif batik Asmat merupakan salah satu motif batik yang dikenal masyarakat luas. Disimbolkan dengan patung-patung duduk kayu suku Asmat. Motif batik ini mempunyai ciri-ciri yang khas, yaitu warnanya lebih cokelat dengan campuran warna tanah dan terakota (merah kecokelat-cokelatan).

Bagaimana? Indonesia memang kaya akan seni dan budaya bukan? Keanekaragaman batik Indonesia menjadi semakin lengkap dengan adanya batik Papua. Mari lestarikan budaya Indonesia.



[infobudaya.net]




Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: