Diberdayakan oleh Blogger.

Batik dan Orang Eropa

By | 08.56 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Dalam bukunya “History of Java” (London, 1817) yang di tulis oleh Sir Thomas Stamford Raffles untuk pertama kali menceritakan tentang batik kepada seluruh dunia. Dalam bukunya tersebut, Raffles memamerkan 100 motif karya batik yang pernah ia jumpai. Namun sayangnya, koleksi batik Sir Thomas Stamford Raffles pada hari ini tinggal tersisa 2 buah.  dimana keduanya bisa kalian lihat di Museum of Mankind dikota London.

Tahun 1873 ada seorang saudagar yang bernama Van Rijekevorsel berasal dari Belanda, menyumbangkan sejumlah karya batik yang dia diperoleh dari di Indonesia kepada sebuah museum etnik yang bertempat di Rotterdam. Dan karya Batik tersebut lalu dipamerkan kepada Exposition Universelle di Paris di tahun 1900, dan karya batik tersebut memukau masyarakat luas beserta para seniman yang berada disana. Ini merupakan bukti bahwa karya batik dianggap seni yang bernilai tinggi oleh orang luar.



[bacaterus.net]




Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: