Diberdayakan oleh Blogger.

Seberapa Populer Kain Batik Indonesia di Kancah Dunia?

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Setelah diresmikan UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia, batik Indonesia makin dikenal hingga di mancanegara. Nilai seninya yang tinggi ditambah dengan corak yang cantik membuat siapapun yang memakainya menjadi pusat perhatian.

Tidak heran jika banyak orang yang memuji keindahan kain ini, bahkan beberapa public figure sempat tertangkap kamera mengenakan batik. Misalnya saja, Nelson Mandela.

Pada tahun 1990, mantan presiden Afrika Selatan ini untuk pertama kalinya berkunjung ke Indonesia. Saat itu ia mulai mengenal batik dan sejak saat itu konsisten menggunakannya di acara-acara dunia.

Lantaran kegemarannya berbatik, masyarakat Afrika sampai menamai kain tersebut “Mandela’s Shirt”.

Beberapa aktor Hollywood juga kerap terlihat memakai batik kemanapun mereka pergi. Tom Cruise misalnya. Bintang laga yang satu ini memakai batik berwarna merah dalam film legendaris miliknya yaitu Mission Impossible.

Baru-baru ini batik juga menjadi sorotan di dunia balap internasional setelah dua pembalap WSBK 208, Michael van der Mark dan Alex Lowes mengenakan kemeja batik di acara Yamaha Media Conference, Thailand.

Presiden Direktur Yamaha Indonesia Motor Manufaturing (YIMM), Minoru Morimoto yang turut hadir di acara itu secara langsung menghadiahkan baju batik berwarna hitam elegan itu kepada keduanya. Kehadiran batik Indonesia ini diharapkan sebagai wujud nyata semangat kebangsaan melalui "Untuk Merah Putih Semakin Di Depan".

Acara ini berlangsung sesaat setelah sesi wawancara eksklusif dengan media di Sirkuit Buriram Thailand yang dihadiri para pebalap tim Yamaha Racing Indonesia, Galang Hendra Pratama yang akan berlaga di WSS300, serta Richard Taroreh, M Faerozi dan Wahyu Aji Trilaksana yang akan berjuang bersama mengharumkan Indonesia di ajang ARRC.

Dalam wawancara tersebut para jagoan WSBK memberikan semangat kepada rider muda Indonesia dalam menghadapi musim balap 2018 agar dapat mengibarkan bendera Merah Putih di kancah dunia.



[tribunnews.com]




Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: