Diberdayakan oleh Blogger.

Orang Indonesia Harus Tahu Perbedaan Kain Batik dan Tenun

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Kain batik dan tenun menjadi salah satu jenis kain favorit yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menghadiri acara-acara formal. Meski sama-sama difavoritkan, ternyata tidak sedikit dari masyarakat yang mengira bahwa kedua kain ini sama.

Mereka pun sulit membedakan kain tenun dan batik lantaran hasil jadi keduanya yang hampir sama.

"Sebetulnya bukan anak muda saja, orang tua pun juga enggak bisa membedakan antara kain batik dengan kain tenun," ucap Iwet Ramadhan, perancang busana sekaligus Co Founder Jakarta Creative saat ditemui di SME Tower, Gedung SMESCO, Jakarta Selatan, Selasa, 27 Februari 2018.

Dia pun menjelaskan perbedaan antara kain batik dan kain tenun terletak pada proses pembuatannya. Untuk batik sendiir, proses menghias kain dengan menggunakan malam atau cairan lilin. Bisa ditulis menggunakan canting maupun dicap menggunakan cap.

Sedangkan untuk tenun sendiri merupakan proses membuat kain dari helaian benang yang ditata secara vertikal dan horizontal menggunakan alat khusus.

Dua proses yang berbeda ini pun menghasilkan motif dan tekstur kain yang berbeda pula.

"Kalau batik lebih luwes, ukel-ukel, sementara kalau tenun motifnya kaku karena simetris sekali," ujar dia.



[viva.co.id]




Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: