Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenal Awal Mula Teknik Membatik Hingga Batik yang Modern

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Kita tahu jika batik merupakan kain kebanggaan masyarakat Indonesia. Proses pembuatannya yang cukup sulit, membuat kain ini menjadi warisan berharga bagi Indonesia.

Ketua Ikatan Pecinta Batik Nusantara, Ayu Diah Pasha, mengatakan awal mula teknik batik ialah teknik tutup lilin atau tulis, dengan pena yang terbuat dari bambu. Menurutnya, dulu penutup pena tersebut ialah ketan atau beras yang ditumbuk. Lalu, seiring dengan berkembangnya industri batik, teknik yang digunakan ialah teknik cap yang lebih ekonomis.

“Cap adalah suatu proses dalam perkembangan batik. Awalnya kain alami seperti sutra, kapas, kemudian masuk pedagang dari India ke indonesia memperkenalkan katun. Sehingga sekarang di era modern lebih menarik lagi batik, bisa di atas lycra atau poliester dengan teknik cap,” ujar Ayu.

Ayu menambahkan, penggunaan canting merupakan ciri khas Indonesia. Sedangkan di malaysia, pewarnaannya menggunakan kuas.

Produk batik yang dihasilkan selalu berinovasi untuk menciptakan produk-produk yang modern tanpa meninggalkan karakter batik pada setiap produknya. Di antaranya koleksi kemeja pria, blouse, celana panjang wanita, kemeja wanita, kemeja anak pria, dan baju anak perempuan, dengan motif batik Cirebon dan Solo yang menjadi produk favorit.

"Jika mau terus maju, batik harus bisa berinovasi dengan pasar modern," ujar Affandi Setiawan, pebisnis batik asal Bandung.



[vemale.com]




Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: