Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Memilih Seragam Batik Kantor Pria dan Wanita

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Sebagai Negara yang menjunjung tinggi budaya, pemakaian baju batik untuk seragam merupakan salah satu wujud penghargaan masyarakat Indonesia untuk hasil mahakarya budaya ini. Seragam batik kantor untuk pria dan wanita saat ini sudah menjadi pemandangan biasa. Terutama pada hari tertentu seperti Jumat. Baik kantor pemerintah atau pun swasta menyarankan karyawannya untuk mengenakan batik sebagai satu langkah apresiasi terhadap karya adi luhung ini.

Lalu bagaimana caranya memilih seragam bati kantor yang sesuai?

Hal ini mungkin sedikit membingungkan karena Anda harus mengakomodir kebutuhan banyak orang dengan banyak kepribadian dan bentuk tubuh. Nah, ulasan kali ini akan membantu Anda menentukan seragam batik kantor yang sesuai baik dari segi bahan, warna dan motif.


Bahan Batik

Sebaiknya memilih bahan seragam batik kantor dari bahan yang mudah menyerap keringat dan dingin. Pertama karena akan dipakai seharian penuh selama jam kerja di kantor. Kedua bahan yang dingin akan membuat pemakainya nyaman. Walaupun dalam ruangan ber-AC pun jika bahan tidak nyaman maka dapat memicu iritasi atau alergi pada kulit.


Warna Batik

Nah, untuk warna batik Anda bisa memilih dengan cara berkonsultasi dengan teman sejawat terlebih dahulu. Tren batik untuk seragam kantoran memiliki range warna yang cukup luas. Kemeja batik tidak terpaku lagi pada pakem. Ada banyak pilihan warna yang bisa Anda pilih, baik energik, ceria, kalem maupun elegan.

Warna untuk seragam batik kantor biasanya dipilih cenderung ke arah warna kalem, seperti beige, biru, hijau dan merah dengan kombinasi gradasi warna putih atau hitam. Jika Anda menginginkan warna yang lebih elegan, bisa dipilih dari warna emas, biru royal, hijau toska atau ungu violet.


Motif Batik

Motif seragam kantor batik juga harus diperhatikan. Jangan sampai asal pilih motif saja. Perhatikan postur tubuh sebagian besar teman sejawat. Untuk lebih amannya maka pilih motif batik vertikal untuk menambah kesan ramping. Motif ini bisa menyembunyikan kelebihan pada bagian depan dan samping. Seperti perut buncit dan pinggang besar.

Usahakan juga untuk memilih seragam batik kantor dengan motif besar memanjang dikombinasikan dengan sulur ke arah atas. Motif ini meninggalkan banyak ruang di bagian dada dan lengan bagian atas, tempat dimana sebagaian besar lemak terkonsentrasi. Anda dan sejawat bisa tampil rapi, bersih, langsing dan elegan dengan motif yang tidak terlalu penuh pada kain batik.


Cek Harga

Hal penting berikutnya dalam memilih seragam batik kantor adalah harga. Jangan sampai total harga kain pesanan Anda melampaui budget yang dianggarkan untuk seragam. Coba cari tahu harga per meter. Penjual batik biasanya tidak akan segan segan memberikan potongan harga untuk pembelian partai besar. Nah, sesuaikan harga kain batik dengan bahan dan motif yang Anda disukai. Jangan segan untuk menawar. Atau pun membandingkan dengan harga kain yang sama dari toko lainnya.


Cek Kualitas Kain

Jangan lupa untuk memastikan kualitas kain yang dibeli. Pertama, cek warna. Coba tempelkan atau pegang kain pada tangan. Jika tidak ada warna tertinggal dari kain seragam batik kantor maka kualitasnya sudah bagus. Residu warna saat dipegang biasanya menandakan bahwa kualitas bahan warna kain tersebut rendah.

Kedua, coba balik kain seragam batik kantor. Jika antara motif dan warna bagian depan hampir sama pada bagian belakang, maka kain tersebut memiliki kualitas baik. Biasanya kain batik yang berkualitas rendah motif dan warnanya tidak tembus sampai belakang. Kehati hatian Anda dalam berbelanja adalah kunci nomor satu.



[batikbagoessolo.com]




Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: