Diberdayakan oleh Blogger.

Bogor Kembangkan Batik Motif Mobil Angkot

By | 11.31 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, ingin pembatik di Kota Bogor terus berkreasi memajukan dan melestarikan batik hingga terus dikenal masyarakat luas. Khusus motif batik Bogor diminta untuk dikembangkan.

"Saya ingin batik di Bogor motifnya berkembang, bukan hanya dikagumi karena warga dan motifnya, tapi karena ada nilai-nilai disitu," kata Bima saat menghadiri HUT ke-6 Batik Handayani Geulis di Taman Malabar, Kota Bogor, Sabtu.

Bima mengatakan motif batik Bogor terbilang baru, tetapi memiliki nilai dan makna filosofinya. Seperti batik talas, uncal, hujan gerimis dan yang terbaru batik angkot. Ia mengatakan dalam beberapa agenda resmi pemerintah di tingkat pusat ia mengenakan baju batik motif angkot.

"Ketika pakai batik angkot, presiden tanya, menteri juga tanya. Kenapa angkot, lalu penjelasannya panjang, dan ujung-ujungnya mengalir dana untuk Kota Bogor," kata Bima.

Menurutnya, batik juga menjadi salah satu diplomasi. Setiap motif batik mengandung nilai keuletan dari seorang pembatik yang menuangkan ide serta kemampuannya dalam membatik.

Bima mengapresiasi keberadaan Batik Handayani Geulis salah satu pebatik Bogor yang menghasilkan banyak motif batik Bogor. Dalam rangka HUT ke-6 Batik Handayani Geulis menggelar kegiatan sosial membatik yang diikuti ibu-ibu dari berbagai organisasi, dan komunitas di antaranya Wanita Berkain, dan kaum perempuan lainnya.



[republika.co.id]




Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: