Diberdayakan oleh Blogger.

Simpan Kain Batik dengan Arang Kayu

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Menyimpan kain batik membutuhkan perhatian khusus. Salah penangangan membuat kain tradisional itu bisa berjamur dan nodanya merusak kain.

Seniman batik sekaligus pengusaha batik, Rika Harjosuwarno Avgoustinou, mengatakan sebenarnya tidak ada trik khusus menyimpan kain batik. "Yang penting jangan disimpan di tempat yang lembab," ujarnya.

Bila kebetulan lemari atau rumah yang dihuni agak lembab, Rika punya trik mengatasinya. Ia meletakkan beberapa potong arang kayu. Arang, sebutnya, menyerap kelembaban.

Di toko batiknya Majju yang terletak di kawasan pertokoan Promanade, Warung Buncit, Jaksel, ia meletakkan beberapa potong arang kayu dalam cangkir. Kemudian diletakkannya cangkir tersebut di atas lemari untuk menyerap kelembaban ruangan.



[republika.co.id]




Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: