Diberdayakan oleh Blogger.

Merawat Kain Batik dengan Sampo Bayi

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Berbeda dengan jenis tekstil lainnya, perawatan batik tentunya memerlukan perhatian khusus. Hal tersebut untuk mencegah agar tidak mudah pudar dan lapuk.

Tidak sedikit orang sering salah kaprah dengan pencucian batik. Seperti diantaranya menggunakan sabun khusus batik dan lerak (tumbuhan yang dikenal karena kegunaan bijinya yang dipakai sebagai detergen tradisional).

Padahal menurut Obin selaku pakar tekstil wastra nusantara sekaligus pendiri BINhouse Indonesia Creation mengatakan cara merawat batik adalah mencuci tangan sebelum menyentuhnya. Kemudian untuk pencucian bisa menggunakan sabun atau sampo bayi.

"Cara merawat batik sebenarnya simpel saja yaitu harus mencuci tangan sebelum memegangnya. Lalu kalau ingin dicuci bisa menggunakan sabun atau sampo bayi," ujar Obin kepada VIVA.co.id saat ditemui acara Alun-Alun Indonesia di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 6 Oktober 2016.

Obin menambahkan bahwa sabun dan sampo bayi memiliki kandungan detergen sedikit dan ringan. Sehingga aman untuk mencuci batik sekaligus menjaga warna batik itu sendiri.

Sementara lerak juga dapat digunakan untuk mencegah munculnya hewan kecil yang bisa merusak kain. Tidak disarankan mencuci batik dengan mesin cuci dan memeras terlalu terlalu kuat.

Saat penjemuran, lakukan ditempat yang teduh atau diangin-anginkan saja. Jika sudah kering sebaiknya kain batik digulung agar tidak meninggalkan bekas lipatan dan membuatnya lapuk.



[viva.co.id]




Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: