Diberdayakan oleh Blogger.

Adat Pakai Batik: Tak Boleh Sama dengan Keluarga Keraton

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Ketika Anda pergi ke pesta pernikahan atau acara resmi lainnya Anda mungkin sudah biasa menggunakan batik. Namun, dalam memakai pakaian tradisional ini Anda tidak boleh sama dengan batik yang dipakai keluarga Keraton.

Pakar batik Indra Tjahjani mengatakan, jika Anda pergi ke acara kraton di Yogyakarta, maka secara adat Anda tidak boleh memakai batik dengan motif yang sama dengan keluarga kerajaan. 

"Kalau kondangan ke keraton jangan pakai yang sama dengan keluarganya, saya pernah ditegur juga dulu karena terkesan menyamai raja," kata wanita asal Yogyakarta tersebut kepada republika.co.id di Jakarta, Rabu (30/9).

Menurutnya, motif batik yang dipakai keluarga Keraton bahkan tidak boleh sama dengan yang dipakai oleh keluarga yang dipakai keluarga kadipaten Pakualaman. Saat dalam suata acara perayaan dua kerajaan tersebut dikatakan pasti akan memakai motif yang berbeda.

Namun, saat ini menurutnya tradisi ini sepertinya sudah mulai hilang. Sekarang sudah bebas memakai motif batik apapun. Asalkan, kata dia masyarakat masih tahu diri saja saat memakainya.


[republika.co.id]




Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: