Diberdayakan oleh Blogger.

Intip 5 Rekor Batik di Indonesia

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Corak batik yang begitu banyak jenisnya bisa memunculkan inspirasi bagi banyak pihak, lho. Beberapa dari mereka berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) dengan batik sebagai bintang utamanya. Bahkan ada pula yang mampu memecahkan rekor dunia! Wow, hebat banget, kan? Kira-kira rekor batik apa aja, ya, yang sudah tercatat dalam rekor MURI? Ini dia jenisnya!


1. Batik Printing Terpanjang

Menutup tahun 2012 lalu, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV menggelar acara Port of Makassar Year End Gathering. Salah satu rangkaian acaranya adalah Pemecahan Rekor MURI untuk Batik Printing Terpanjang di Indonesia. PT Pelindo membentangkan 3.050 meter kain batik di sepanjang Jalan Nusantara Makassar dengan mengambil garis awal di Kantor Pelindo IV. Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya dalam meramaikan program Visit South Sulawesi 2012.


2. Naga Barongsai dengan Motif Batik Khas Yogyakarta

Dalam ajang Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) ke-10 pada bulan Maret lalu, naga barongsai sepanjang 168 meter membuka acara dengan beratraksi di sepanjang Malioboro, yakni dari Taman Parkir Abu Bakar Ali hingga Titik Nol Yogyakarta. Dua ratus meter kain batik printing dan tulis digunakan untuk membuat kepala sang naga. Naga barongsai ini juga berhasil memecahkan rekor naga terpanjang sebelumnya yang berukuran 130 meter.


3. Pameran Batik Terbanyak Hasil Karya Siswa-Siswi Sekolah

Rekor satu ini belum pernah dilakukan sebelumnya, lho. Sekolah St. Aloysius Bandung berhasil membuat 1.500 batik hasl karya siswa-siswi mereka. Selain masuk dalam MURI, usaha mereka ini juga menjadi rekor dunia sebagai pameran batik terbanyak hasil karya siswa-siswi sekolah. Hebat banget, ya. Sekolah kamu jangan mau kalah,!


4. Kain Batik Terpanjang

Solo memang dikenal sebagai salah satu kota batik di Indonesia. Untuk memperingati Hari Batik Nasional pada tahun 2013 lalu, Solo berhasil memecahkan rekor MURI untuk kategori kain batik terpanjang, yakni 5.000 meter. Untuk membentangkannya, sebanyak 6.600 siswa dan guru dari sekolah yang dimiliki yayasan batik terlibat dalam pemecahan rekor MURI ini. Kabarnya, aksi ini sempat membuat ketersediaan batik di beberapa pasar kain tradisional di Solo menjadi berkurang.


5. Pajangan Layang-Layang dengan Motif Batik Terbanyak

anyak cara bisa dilakukan untuk memecahkan rekor MURI menggunakan batik. Dalam rangka menyambut HUT ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia, Lippo Mall Puri berhasil mendapatkan penghargaan dari MURI karena memajang 557 buah layang-layang batik di area atrium utama mereka. Layang-layang tersebut memiliki jenis dan corak batik dari berbagai daerah, seperti Semarang, Cirebon, Solo, Pacitan, Yogyakarta, Pekalongan, hingga Tuban.


Ada-ada aja, ya, cara orang-orang dalam mendapatkan penghargaan dari MURI menggunakan batik. Usaha mereka patut diacungi jempol, nih. Dengan begitu, semoga akan ada lebih banyak orang yang mengenal dan mencintai batik, ya! [loop.co.id]





Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: