Diberdayakan oleh Blogger.

Batik Tempurung Kelapa

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Mungkin sebagian orang menganggap tempurung kelapa atau lebih sering disebut batok adalah sampah atau limbah tak tak memiliki manfaat apa-apa. Batok hanya menjadi barang yang bernilai ekonomi rendah dengan tingkat pemanfaatan yang sangat minim, hanya menjadi bahan bakar tradisional atau bahan baku pembuatan arang. Batok kelapa sebenarnya mempunyai corak yang sangat artisik dengan kekhasan tersendiri, dan kekhasan ini tidak dimiliki oleh benda ataupun barang lainnya. Di tangan para pengrajin kreatif, batok bisa dijadikan sebuah kerajinan bernilai seni tinggi dan berdaya jual.

Batok kelapa memiliki nilai lebih dibanding dengan bahan lainnya, tekstur kayu batok yang unik, kuat, dan memiliki beragam warna dasar yang diperoleh dari umur buah kelapa. Kerajinan batok kelapa yang dikombinasikan dengan teknik batik akan menambah nilai artistik dan keunikan pada produk.


Batok kelapa bisa dibedakan menjadi dua jenis kerajinan yaitu kerajinan yang memakai media dan kerajinan non media. Kerajinan yang memakai media adalah kerajinan yang memanfaatkan batok kelapa hanya sekedar penghias dari barang kesenian setengah jadi, contohnya batok kelapa yang digunakan untuk laminasi meja, kursi, cermin, tas, dan ornamen dekorasi lainnya. Sedangkan kerajinan non media adalah pemanfaatan pembuatan barang kerajinan yang sepenuhnya berasal dari batok kelapa seperti gantungan kunci, tas, patung-patung, serta panel-panel.

Proses pembuatan kerajinan non media diawali dengan memecah batok kelapa menjadi beberapa bagian kecil. Kemudian batok kelapa tersebut dibatik. Proses pembatikan sama dengan dengan membatik di kayu maupun di kain. Selanjutnya, batok kelapa yang sudah dibatik ditempel dengan lem kemudian dibentuk sesuai kerajinan yang akan dibuat. Terakhir, menutup barang kerajinan dengan resin agar terlihat rapi dan rata. Sebaiknya gunakan teknik furnish khusus pada tiap tempurung kelapa agar produk batik batok kelapa dapat mengkilap, tahan lama dan tidak berbau. Untuk kerajinan bermedia, pecahan batok kelapa yang sudah dibatik kemudian dilapiskan ke media yang sudah jadi. Bentuk kerajinan ini juga bisa dibuat dengan bahan batok kelapa yang utuh, misal dibuat tas. [fitinline.com]





Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: