Diberdayakan oleh Blogger.

Batik Tambal

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Batik tambal merupakan salah satu motif batik yang memang terlihat cukup berbeda dengan motif batik lainnya. Batik motif tambal sendiri ini memiliki makna yang cukup mendalam terkait dengan kehidupan manusia sejak zaman dahulu hingga sekarang. Motif batik tersebut memiliki arti tambal yang bermakna menambal atau memperbaiki hal-hal yang rusak.


Sebab dalam perjalanan hidupnya, manusia harus selalu berbenah dan memperbaiki diri menuju kehidupan yang lebih baik secara lahir maupun batin. Uniknya lagi kain batik bermotif tambal ini dipercaya mampu membantu kesembuhan orang yang sakit. Caranya adalah dengan menyelimuti orang sakit tersebut dengan kain motif tambal.

Selain motifnya yang sangat cantik, ternyata motif tambal yang melekat pada kain tradisional ini juga memiliki sejarah yang cukup menarik. Terlebih motif batik tambal ini diketahui berasal dari kota Yogyakarta yang sangat terkenal sebagai kota batik dan kota budaya. Sekarang ini, bukan hanya selimut saja yang memiliki motif tambal tetapi baju, dress dan juga kemeja pun sudah banyak yang dibuat bermotif tambal.

Ciri khas dari batik tambal bisa dilihat dari detail motif yang digunakan untuk membuat batik jenis tambal ini. Diantaranya berupa motif ceplok, motif parang maupun motif peru. Oleh para desainer batik, motif tersebut didesain kembali menjadi kotak-kotak sehingga terciptalah batik tambal yang kita kenal seperti saat ini. Ciri khas lainnya yaitu kerokan yang bisa dengan mudah ditemukan pada jenis batik ini.

Warna-warna yang terdapat pada batik tambal diperoleh dari kombinasi warna gelap dan warna terang. Tujuan utamanya adalah untuk menunjukan dan menonjolkan detail motif yang ada dalam kotak-kotak motif tambal itu sendiri. [fitinline.com]





Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: