Diberdayakan oleh Blogger.

Batik Dipakai Sejumlah Pemain Sepakbola Top Dunia

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Sepakbola Indonesia saat ini memang jauh tertinggal dari beberapa negara Asia, seperti Jepang, Korea Selatan, Qatar, Arab Saudi, Irak, dan Iran. Meski begitu, Indonesia boleh berbangga hati. Indonesia memiliki banyak budaya, seni, hingga kearifan lokal yang berhasil mentas di sepakbola dunia. Misalnya saja batik.

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

Batik dikenal sebagai budaya warisan dari leluhur Indonesia, tepatnya dari Pulau Jawa. Namun, batik baru diresmikan sebagai budaya Indonesia saat lembaga Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) bidang kebudayaan, UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) menyematkannya pada tanggal 02 Oktober 2009.

Setelah itu, batik mulai banyak dikenal di seluruh pelosok dunia sebagai budaya Indonesia. Tak ayal, banyak masyarakat dunia yang tertarik untuk mengenakan batik, salah satunya pelaku sepakbola. Ada beberapa bukti bahwa pemain sepakbola dunia memakai batik.

Pertama, pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane pernah mengenakan batik saat mengunjungi Indonesia. Kala itu, Zidane bertemu dengan Presiden Republik Indonesia (RI) kala itu, Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, 06 Juli 2007.

Kedua, ada tiga legenda Liverpool, Ian Rush, Dietmar Hamann, dan Robbie Fowler yang memakai batik saat berada di Jakarta. Ketiganya memakai batik untuk bagian promosi Tur Pramusim Liverpool ke Asia pada tahun 2013.

Ketiga, giliran para pemain Arsenal yang menggunakan batik. Beberapa pemain The Gunners menggunakan batik saat sehari jelang keberangkatan ke Indonesia dalam rangka tur pramusim pada tahun 2013.




[indosport.com]




Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: