Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Padu-Padan Model Baju Batik Wanita untuk Berbagai Acara

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Siapa bilang memakai baju batik bisa bikin tua? Model baju batik wanita semakin beragam dengan kombinasi warna dan motif yang menarik. Anda hanya perlu mencari item favorit yang sesuai dengan postur tubuh. Nah, karena baju batik ini memiliki ciri khas motif ramai, Anda wajib hati-hati saat mengkombinasikan baju batik ini. Berikut adalah tips yang wajib Anda tahu!


PADU-PADAN BAJU BATIK DAN ROMPI

Khusus untuk rompi, pilihan motif menjadi hal paling penting karena nantinya akan dipadankan dengan berbagai model dress serta kemeja. Usahakan memilih model baju batik wanita yang memiliki motif netral agar suatu saat bisa dikombinasikan dengan aneka model baju wanita. Beberapa model rompi dengan motif batik parang bisa jadi pilihan yang tepat. Pilih juga warna-warna gelap.

Anda bisa mengkombinasikan rompi dengan tunik polos, maxi dress, tube dress atau bisa juga wrap dress. Asalkan, panjang rompi tidak sama dengan panjang dress-nya. Cukup pilih rompi dengan panjang hingga lutut atau sedikit lebih rendah di bawahnya. Bila memakai kemeja biasa, rompi panjang ini juga bisa dikombinasikan dengan celana Chino, kemeja lengan panjang kemudian kerudung dengan warna netral. Ingat selalu kalau dalam padu-padan model baju batik wanita harus memperhatikan beberapa aspek penting mulai dari motif hingga ukuran.


BAJU BATIK GAMIS

Baju batik gamis ini cara pemilihannya sedikit tricky. Terutama untuk yang memiliki ukuran tubuh pendek dan gemuk. Anda bisa mengakalinya dengan memilih gamis yang memiliki rompi atau installed-outer dengan motif batik. Ini akan menyamarkan bentuk tubuh menjadi lebih tinggi serta lebih kurus. Ini diakibatkan outer baju yang memberi ilusi optik lebih kurus dan gemukan.


MODEL BAJU BATIK KOMBINASI

Model baju batik wanita kombinasi merupakan yang paling tren dikalangan para remaja. Ini dikarenakan modelnya lebih dinamis. Ada banyak sekali model baju batik karangan desainer papan atas yang menggunakan kain polos untuk padu-padan baju batik. Nah, khusus wanita bertubuh kurus, pilihan baju batik dengan motif besar-besar serta warna-warna cerah. Pilihan model dress yang dikombinasikan dengan brokat dan potongan mirip kostum Hanbok Korea bisa memberikan ilusi bentuk tubuh yang lebih gemuk.

Untuk wanita bertubuh mungil, tumpukan warna yang terlalu banyak dan motif yang terlalu beragam sebaiknya dihindari. Hal ini akan menjadikan tubuh menjadi semakin lebih pendek. Khusus wanita bertubuh gemuk, motif kecil-kecil dan warna-warna gelap lebih disarankan untuk menciptakan ilusi tubuh gemuk.

MODEL BAJU BATIK JUMPSUIT
Jumpsuit sekarang juga menjadi trend baru untuk model baju batik wanita masa kini. Jumpsuit ini sebenarnya terinspirasi dari seragam montir dan para pekerja tambang. Biasanya, jumpsuit terbuat dari kain denim dengan modifikasi kantong dan juga model. Sekarang, jumpsuit sudah banyak dipakai di dunia fashion batik.


BAJU BATIK DAN BLAZER

Blazer merupakan item yang tidak ada matinya bila dikombinasikan dengan apa pun. Anda bisa mengenakan blazer dengan kaos polos, kemeja, sleeveless dress, maxi dress bahkan baju gamis sekali pun.

Sebenarnya tidak ada aturan spesial kombinasi baju apa pun dengan blazer. Anda hanya perlu memasangkan blazer ini dengan item kesukaan serta mencocokkan warna dengan outfit yang dipilih untuk inner-nya.


KEMEJA PEPLUM BATIK

Model baju batik wanita yang lainnya yaitu kemeja peplum batik untuk tampilan lebih rapi dan formal. Peplum ini sangat cocok dikombinasikan dengan rok pensil atau skinny jeans. Menariknya, Anda bisa terlihat lebih ramping dengan kemeja peplum tersebut. Untuk yang memiliki pinggul lebar, peplum menjadi item wajib yang harus dimiliki. Wanita kurus, sayangnya Anda tidak disarankan karena membuat ukuran pinggul menjadi semakin kecil dan tak berisi.


WRAP DRESS BATIK

Wrap dress batik ini sebenarnya akan jauh lebih cantik bila tidak ditambahkan item tambahan seperti rompi, bolero atau blazer, sebab wrap dress ini memiliki keunggulan lipatan-lipatan baju di area tubuh tertentu, seperti bagian atas.Wrap dress sangat bagus jika dikenakan oleh wanita bertubuh gemuk, sebab nantinya lekuk tubuh bisa terbentuk sangat bagus. Untuk yang berhijab, Anda bisa memasangkan wrap dress ini dengan bolero tanpa kancing supaya karakter wrap dress tidak akan menghilang. Disamping itu, outer dari bolero ini akan menampilkan bentuk tubuh yang lebih ramping.


GAMIS BATIK

Gamis batik meskipun kebanyakan memiliki desain yang simple, Anda harus hati-hati saat memilih motifnya. Kami menyarankan memilih gamis batik yang memiliki motif sederhana dan kecil-kecil. Hindari juga motif yang terlalu ramai dengan warna-warna bertumpuk. Untuk kerudung, pilih warna dasar yang sama dan polos. Anda bisa sematkan hiasan bros bunga atau bros manik-manik supaya lebih rapi. Yang paling harus diperhatikan saat memilih baju batik yaitu bahan bakunya yang lebih serap keringat. Bahan yang aman untuk dikenakan adalah bahan-bahan yang terbuat dari katun. Khusus wanita gemuk, sebaiknya Anda menghindari bahan kaos atau spandek. Ini akan membuat lipatan tubuh jadi terlihat meskipun Anda memilih warna gelap. [dinarbatikart.com]





Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: