Diberdayakan oleh Blogger.

Motif-Motif Batik Ini Jadi Favorit Bintang-Bintang Hollywood

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Batik diakui sebagai milik Indonesia oleh UNESCO sejak 2 Oktober 2009. Kini batik menjadi outfit yang digandrungi oleh semua kalangan masyarakat.

Batik yang terus berkembang tidak lantas kaku dengan nilai tradisi, wariasan nenek moyang ini kemudian bertransformasi dalam berbagai warna, motif dan model.

Banyak desainer Indonesia yang menjadikan batik sebagai komponen utama karyanya saat mengikuti ajang internasional. Sehingga kini, batikpun telah dikenal di seluruh dunia.

Bahkan, deretan artis Hollywood ternyata juga sering menggunakan batik sebagai item fesyen mereka. Sebut saja Jessica Alba, Julia Robert, Heidi Kum, Daniel Radcliffe dan banyak lagi.

Lalu apa ya motif batik Indonesia favorit mereka?


1. Tribal

Dilansir dari Tribunnews, fesyen stylist asal Indonesia, Dela Dewi yang mengembangkan kariernya di Los Angeles, Amerika Serikat menuturkan batik Indonesia dikenal di Amerika Serikat.

Bahkan, ada brand lokal menggunakan batik sebagai motif seperti tribal, jumputan dan bohemian.

"Motif-motif inilah yang disukai artis-arti Hollywood," ucap Dela Dewi dalam surat elektroniknya, belum lama ini.

Batik Tribal yaitu batik yang menggunakan motif batik dari beragam kebudayaan seseorang yang ada di seluruh dunia.

Biasanya corak yang digunakan batik ini adalah corak warna terang, dengan gambar yang cukup tegas dan kesan etnik adalah ciri dari motif batik tribal ini.

Batik ini biasanya juga menggunakan corak tradisional khas Navajo, Tibet, Afrika, Hindia dan Indonesia.

Motif Tribal ini juga digunakan untuk motif tebal dan penuh warna.

Motif warna yang dihasilkan batik tribal sendiri itu memiliki jenis motif tribal yang penuh dengan warna yang lembut misalnya biru, hitam dan putih.

Motif kain tribal ini dapat dibuat di beberapa fesyen seperti baju, sepatu, celana dan beragam aksesoris.


2. Jumputan

Dilansir dari Fitin Line, Batik Jumputan merupakan kreasi dari para pengrajin dalam memadukan beberapa teknik yang mampu menghasilkan kain yang begitu unik dan memiliki nilai artistik (keindahan) tersendiri.

Pengertian lain, Batik Jumputan adalah batik yang dikerjakan dengan cara ikat celup, diikat dengan tali kemudian dicelup dengan warna.

Batik ini tidak menggunakan malam, tetapi kainnya diikat atau dijahit dan dikerut dengan menggunakan tali, biasanya sering disebut kain jumputan.

Biasanya kain katun warna putih dijumput terlebih dahulu kemudian barulah dibatik. Bisa dibatik dengan teknik tulis maupun cap.


3. Bohemian

Bohemian sebenarnya adalah gaya fesyen yang klasik dan unik. Kini gaya fesyen tersebut dapat dipadupadankan dengan outfit baik.

Gaya bohemian biasanya menggunakan beberapa item pakaian seperti blus, celana palazzo, tunik, rok tanggung dan kemeja pedek untuk pria.

Kamu juga dapat untuk mencoba sentuhan tahun 60-an dengan menampakkan aksesoris, seperti kalung, gelang, anting, scarf dan headband. [tribunnews.com]





Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: