Diberdayakan oleh Blogger.

Di Mana Peran Kita untuk Jaga Tradisi Batik?

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Banyak yang bisa kita lakukan untuk menjaga tradisi ini salah satunya paling mudah adalah mengenakan busana batik ketika menghadiri acara formal maupun semi formal.

Dengan sehelai kain batik, kita bisa membuat beragam desain busana sesuai keinginan kita. Tak cukup sampai situ, kita pun bisa menggunakan tas atau sepatu batik untuk sehari-hari.

Memang sih, harga kain batik tradisional itu tak murah. Tapi, kita tidak sedang membeli kainnya saja kan. Cobalah sesekali tengok ke pameran UKM, di sana banyak menjual produk-produk yang menggunakan kain batik tradisional. Atau buka Instagram dan kalian akan temukan beberapa online shop yang menjual kain batik, busana, tas hingga sepatu batik. Harganya? Murah meriah alias terjangkau kantong. Kualitas? Bisa diadu dengan brand terkenal.

Mencintai batik ada baiknya kita ajarkan sedini mungkin ke anak-anak. Lihatlah Jepang, mereka sukses mempertahankan budaya walaupun dibombardir oleh industri barat. Kenapa? Karena mereka telah menanamkan cinta budaya sejak kecil. Sehingga telah mendarah daging dan sulit untuk digantikan. Jika mereka bisa, mengapa kita tidak?

Kita patut berbangga dan berterima kasih pada para leluhur karena mereka berhasil memadukan unsur seni, budaya dan alam dalam sehelai kain batik. Satu warisan yang membuat bangsa kita memiliki identitas tersendiri di mata dunia internasional.

Jadi, jangan pernah mengaku cinta batik kalau masih menggunakan kain motif batik! [sumber]





Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: