Diberdayakan oleh Blogger.

Berbagai Ide Sambut Hari Batik

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Penetapan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009, menjadikan pemerintah mengukuhkan setiap tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Hal tersebut ditetapkan pemerintah agar seluruh masyarakat Indonesia menyadari dan turut menghargai warisan budaya leluhur Indonesia.

Batik memang telah menjadi bagian dari kehidupan orang Indonesia. Ada yang memakainya karena mengikuti aturan, namun ada juga yang mengenakannya atas dasar rasa bangga dan cinta terhadap Indonesia. Desain batik pun terus berkembang sehingga bisa dipakai untuk acara formal maupun nonformal.

Wajar saja jika di tanggal itu banyak orang yang memperingati Hari Batik Nasional dengan mengenakan kain bermotif indah tersebut untuk aktivitas harian. Apalagi, berbagai instasi pemerintahan dan perusahaan bahkan mewajibkan para karyawannya untuk mengenakan batik di tanggal 2 Oktober.

Bagaimana supaya Hari Batik terasa berkesan bagi kita? Simak ide-ide berikut!


1. Lomba Busana Batik Terbaik

Gunakan momen Hari Batik Nasional sebagai ajang untuk bersenang-senang bersama rekan kerja atau tetangga. Ide lomba busana batik ini hampir mirip dengan lomba busana daerah di hari Kartini atau saat 17-an. Caranya, Anda dan partisipan lain harus memakai busana batik lengkap dengan aksesori hingga tata rias agar penampilan semakin total. Sebaiknya, hindari penggunaan busana batik yang hanya berupa kemeja atau blus saja.


2. Napak Tilas Sejarah Batik

Tak kenal maka tak sayang. Ucapan ini juga berlaku untuk mengenal batik. Para ahli berkata jika dalam setiap goresan batik tersimpan proses dan makna tertentu. Untuk mendalaminya, manfaatkan Hari Batik Nasional untuk mengunjungi berbagai museum batik atau sekolah batik yang ada di sekitar Anda. Museum Tekstil di Jakarta misalnya, selalu mempunyai program menarik dari tahun ke tahun. Tahun lalu saja, berbagai motif batik nusantara dipamerkan di museum tersebut. Hal ini tentunya dapat memperkaya wawasan Anda akan motif batik yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.


3. Ngebatik Sekampung

Kampung Batik Palbatu di Tebet, Jakarta Selatan, pada 2014 lalu pernah mengadakan acara Ngebatik Sekampung. Acara ini terdiri atas beberapa kegiatan, yaitu Ngebatik di Jalan, Belajar Membatik, dan Lomba Membatik. Kegiatan Ngebatik di Jalan diikuti oleh anak-anak dan remaja yang memoles Jalan Palbatu IV dengan batik berbagai motif dan warna.

Lain halnya dengan kegiatan Belajar Membatik. Para peserta yang terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, dewasa, hingga orang tua, sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut memungkinkan mereka untuk mempelajari batik dengan proses pembuatannya yang unik.


4. Membatik massal di atas kain panjang

Di tahun 2014, masyarakat Yogyakarta merayakan Hari Batik Nasional dengan mencetak rekor MURI. Kegiatan yang mereka lakukan adalah membatik secara massal di atas kain sepanjang 3005 meter dengan lebar 40 cm yang dibentangkan tanpa putus dan berlokasi di Alun-alun Utara. Sebanyak 3000 pembatik berpartisipasi dalam acara ini. Banyak sekali, ya!

Tidak hanya para pengrajin saja yang terlibat, tetapi juga siswa sekolah dan para mahasiswa. Mereka semua bekerja sama membatik dengan corak flora dan fauna di bawah terik sinar matahari yang menyengat. Meskipun begitu, tidak ada keluhan terlontar dari mulut mereka, yang ada justru canda dan tawa.


5. Berburu Penawaran Unik dan Menarik

Hari Batik Nasional rupanya juga membuat banyak merchant menawarkan berbagai promo menarik. Tentu ini begitu menggoda bagi Anda yang hobi berbelanja. Selain itu, beberapa restoran dan toko juga sering mengadakan potongan harga bagi pengunjung yang mengenakan batik di tanggal 2 Oktober. Pokoknya, jangan sampai melewatkan promo dan diskon yang ditawarkan. [dari berbagai sumber]




Cari inspirasi batik di Batik Jayakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Ada koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Batik Jayakarta akan mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik yang modern.


Facebook | Instagram | Twitter | Path : @batikjayakarta
Telepon 024-7474758
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: