Diberdayakan oleh Blogger.

Motif Batik yang Paling Populer dan Mendunia

By | 07.00 Leave a Comment

BATIK SEMARANG – Indonesia memiliki banyak sekali motif batik. Batik merupakan produk Indonesia yang mendunia. Berikut beberapa motif yang paling populer dan mendunia.


1. Motif Parang


Parang berasal dari kata pereng atau dalam Bahasa Indonesia yaitu miring. Motif Parang berbentuk seperti huruf "S" yang miring dan memanjang.

Motif parang banyak dapat kita temukan hampir di seluruh Jawa. Mulai dari Jawa Timur, Jawa Tengah hingga Jawa Barat memiliki motif parang.

Yang membedakan motif parang antar daerah di pulau jawa yaitu terletak pada aksen motif parang tersebut. Di Jawa Tengah motif parang menggunakan aksen parang slobog dan di Jawa Barat menggunakan aksen parang klisik.


2. Motif Mega Mendung


Batik ini berasal dari Kota Cirebon. Mega mendung memiliki ciri khas berupa pola-pola berebntuk awan yang biasanya berwarna gelap spserti merah tua, biru tua, hijau tua dan lain sebagainya.


3. Motif Batik Pekalongan


Pekalongan merupakan kota yang sangat strategis untuk perdagangan, maka dari itu banyak pedagang-pedagang dari segala penjuru mampir ke Pekalongan.

Hal ini terlihat dari elemen gambar pada batik pekalongan dipengaruhi oleh kebudayaan luar yang datang ke daerah Pekalongan. Hal ini disebabkan karena faktor perdagangan. Jika diamati lebih mendalam, motif Pekalongan didominasi oleh motif fauna dan tumbuh-tumbuhan.


4. Motif Batik Keraton


Yogyakarta merupakan tempat asal dari motif batik keraton dimana di daerah tersebut masih sangat kental kesultanannya.

Batik keraton melambangkan kebijaksanaan dan kearifan. Batik keraton memiliki keunikan yaitu motifnya yang berbentuk bunga yang simetris ataupun bermotif sayap burung atau yang dikenal dengan motif satwa liar.

Batik ini dulunya hanya digunakan oleh orang-orang keraton, namun seiring perkembangan waktu batik ini juga digunakan oleh orang luar keraton bahkan merupakan produk indonesia yang mendunia.


5. Motif Priyangan


Pada motif priyangan atau dikenal juga dengan batik tasik, didominasi oleh bentuk berupa tanaman yang tersusun rapi dan simetris. Kesan yang ditimbulkan dari motif ini adalah kesan elegan baik dari segi kerapian maupun padu padanan warnanya.





[kargoku.id]
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: