Diberdayakan oleh Blogger.

Fungsi Batik

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Batik di masa lalu dan masa sekarang memiliki fungsi yang berbeda seiring dengan berkembangnya zaman. Kalau pada zaman dahulu batik hanya digunakan sekedar menghadiri atau untuk perayaan upacara adat, lain halnya dengan batik masa kini yang dapat digunakan pada saat kapanpun, dimanapun dan dalam kesempatan apapun. Batik yang dulu terkesan formal kini mengfalami perkembangan dan semakin fashionable. Mengikuti perkembangan jaman, batik tidak lagi meninggalkan kesan yang kuno dan kaku. Kini, batik lebih fleksibel bisa digunakan untuk acara santai, jalan-jalan dan sekedar hangout.

Hal ini dikarenakan desain pakaian batik yang sudah lebih trendy dan fashionable sehingga menarik minat kaum muda untuk memakai batik di setiap kegiatan ataupun aktivitasnya. Selain itu juga batik selain berfungsi sebagai pakaian, batik sekarang berfungsi sebagai benda kerajinan seperti taplak meja, seprei, hiasan dinding, gorden, tas, kerudung dan sapu tangan. Berkembangnya inovasi dari batik ini membuat batik menjadi salah satu kegiatan ekonomi yang berpengaruh di Indonesia.

Sebagai bangsa Indonesia, kita harus menjaga dan melestarika fungsi dari batik itu sendiri. Selain menjadi sebuah pakaian atau kerajinan, batik merupakan salah satu identitas bangsa yang harus tetap kita pertahankan secara bersama. 




[zallatra.com]
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: