Diberdayakan oleh Blogger.

Ekspresikan Kemerdekaan dengan Batik

By | 07.00 Leave a Comment
BATIK SEMARANG – Semangat kemerdekaan ditunjukkan oleh masyarakat Indonesia, tak terkecuali para pengrajin Batik Pekalongan. Melalui karya batiknya, para pengrajin Kabupaten Pekalongan ekspresikan batik bertemakan HUT Kemerdekaan ke 72 Republik Indonesia dengan kain batik Garudanya.


Dikatakan Pengrajin Batik Pekalongan, Failasuf, batik garuda merupakan salah satu wujud untuk membangkitkan rasa nasionalisme melalui karya batik.

“Sebagai bentuk ekpresi kami selaku pegiat batik di Pesisir Utara Jawa untuk Indonesia Satu. Keanekaragraman suku, bahasa dan agama adalah kekayaan kita, yang harus kita jaga persatuan dan kesatuannya dan kami tuangkan semangat kemerdekaannya melalui sebuah karya batik,” tuturnya saat ditemui di Padepokan Batik Pesisir.

Batik Garuda dengan motif burung garuda rancangan batik pesisir tersebut, dipadukan dengan motif khas Pekalongan seperti adanya motif flora-fauna, beberapa karakter motif batik Nusantara seperti parang Solo-Jogja, mega mendung dan motif lainnya menjadi paduan corak batik garuda sebagai bentuk kebinekaan Indonesia.

Rencananya, batik garuda Indonesia yang merupakan hasil dari desakan para pecinta batik dan juga sengaja dibuat dalam rangka ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia merupakan batik limited edition akan dipasarkan pada bulan kemerdekaan ini.

Harga yang dipasarkan sendiri akan dibedakan menjadi 3 sesuai desain motif batik dan tingkat kesulitan dalam pengerjaanya. Sebagai bocoran batik dengan pilihan bahan sutra dengan teknik batik tulis full tersebut akan dibanderol dengan harga kisaran Rp2 Juta hingga Rp5 juta rupiah per lembar kain batik.




[radarpekalongan.com]
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: