Diberdayakan oleh Blogger.

Apa Itu Batik

By | 07.00 Leave a Comment

BATIK SEMARANG – Batik adalah bentuk kesenian dan kerajinan, yang kemudian di Barat lebih populer sebagai media yang sangat kreatif. Seni menghias kain dengan menggunakan lilin dan pewarna, telah dipraktekkan selama berabad-abad. Di Jawa, Indonesia, batik merupakan bagian dari tradisi kuno, dan beberapa kain batik terbaik di dunia masih dibuat di sana. Kata batik berasal dari bahasa Jawa, yaitu amba alias menggambar dan titik alias titik, yang bermakna menggambar titik.

Untuk membuat batik, area yang dipilih dari kain disikat dan digambari dengan lilin panas di atasnya, kemudian mencelup kainnya. Bagian yang dilapisi lilin warnanya akan bertahan sesuai warna aslinya. Proses waxing dan dyeing ini bisa diulang untuk membuat desain yang lebih rumit dan berwarna. Setelah celupan akhir, kainnya siap untuk dipakai.

Batik kontemporer, sementara itu, sangat berbeda dengan gaya tradisional dan formal. Misalnya, seorang seniman batik bisa menggunakan teknik ukir, warna, alat berbeda untuk membatik, dan sebagainya.

Secara historis, batik adalah metode yang paling halus, tahan, dan menunjukkan makna. Berbagai teknik yang semakin meluas menawarkan kesempatan kepada para seniman batik untuk mengeksplorasi proses unik dengan cara yang fleksibel dan menarik.




[batikguild.org.uk]
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: