Diberdayakan oleh Blogger.

Ini Dia, Motif Batik yang Tidak Boleh Dipakai ke Pesta

By | 07.00 Leave a Comment

BATIK SEMARANG – Ketika Anda menggunakan batik sebagai busana sehari-hari atau pun datang ke sebuah acara, hal yang perlu diperhatikan adalah motif batik yang dikenakan.

Sebab, seperti yang dituliskan oleh Adi Kusrianto dalam bukunya yang berjudul Batik: Filosofi, Motif, dan Kegunaan, terkadang seseorang memakai busana batik tidak sebagaimana fungsinya.

"Misalnya pada saat menghadiri sebuah acara pesta atau acara resmi lainnya, dia malah menggunakan motif batik yang sebenarnya untuk menghadiri acara pemakaman atau untuk lurup (penutup jenazah)," tulisnya dalam buku tersebut.

Kain batik yang biasa digunakan untuk penutup jenazah ini berupa kain batik yang berpola Sidamukti, Sidamulya, Sidaluhur, Semen Rama, dan Kawung yang bermakna kembali ke alam.

Hal serupa dikatakan juga oleh dosen dan peneliti di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Dwi Woro Retno Mastuti.

"Kalau orang meninggal, jenazahnya ditutupi dengan batik motif sidamukti, sidaluhur, kawung, atau pun batik kesukaan almarhum," ujarnya.

Dalam buku tersebut juga dijelaskan bahwa semua motif pada batik diciptakan untuk tujuan dan harapan yang baik.

Masing-masing motif memiliki kegunaannya sendiri sehingga motif tersebut harus digunakan untuk acara yang tepat.

Maka dari itu, ketika Anda hendak bepergian, sebaiknya perhatikan motif batik yang digunakan.

Jangan sampai Anda menggunakan kain batik untuk penutup jenazah ketika datang ke sebuah pesta.



[kompas.com]
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: