Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Memilih Baju Batik Untuk Anak Perempuan

By | 07.00 Leave a Comment

BATIK SEMARANG -  Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang mempunyai perpaduan nilai dan seni yang amat tinggi. Dalam olesan batik terdapat makna filosofis dan simbol penuh arti yang memperlihatkan cara berpikir masyarakat pembuatnya. Batik adalah kerajinan yang telah menjadi salah satu bagian budaya Indonesia khususnya di pulau Jawa sejak jaman dulu kala.

Seiring perkembangan jaman, motif batik kian beragam. Tidak hanya orang dewasa, batik pun banyak di gemari anak – anak baik laki – laki ataupun perempuan. Sekarang ini banyak sekali model baju batik anak perempuan dengan beragam warna dan corak yang tersedia. Corak batik untuk anak perempuan biasanya didominasi dengan motif binatang, tanaman, atau tokoh kartun terkenal. Warnanya pun menyesuaikan dengan karakter anak – anak yang menyukai warna ceria. Namun dengan demikian, kamu tidak bisa membelikan batik anak perempuan dengan sembarangan. Perlu memperhatikan beberapa faktor agar baju yang dipilih selalu nyaman untuk digunakan. Berikut ini merupakan beberapa tips memilih baju batik yang cocok untuk anak perempuan.

Tips memilih baju batik untuk anak perempuan

Kualitas bahan
Pemilihan bahan baju batik harus dipikirkan baik – baik sebelum membelinya. Anak – anak cenderung cepat berkeringat karena sering melakukan gerak. Jadi pilihlah bahan baju yang lembut, tidak panas, dan menyerap keringat agar tidak mengganggu aktifitas si kecil.

Bahan yang paling di sarankan dan cocok untuk anak adalah katun. Bahan ini memliki kelebihan mudah diaplikasikan dengan motif apapun termasuk batik. Kelebihan dari kain katun yaitu tidak cepat luntur serat seratnya sangat kuat sehingga tidak mudah rusak.

Alternatif bahan yang baik untuk baju anak selain katun adalah light weight wools. Bahan ini sangat ringan dan memiliki kesan jatuh sehingga anak kamu akan terlihat cantik jika menggunakan dress dengan bahan ini. Sama seperti katun, wool juga memiliki sifat yang tahan lama dan tidak mudah rusak.

Akrilit juga bisa kamu pilih sebagai bahan baju yang cocok untuk anak. Pasalnya bahan sangat ringan dan cocok untuk membuat segala jenis pakaian anak.

Model baju
Hal yang perlu diperhatikan berikutnya dalam memilih baju batik anak perempuan yaitu model atau desain baju. Desain yang dipilih upayakan yang sederhana sehingga tidak mengganggu aktivitas anak. Seperti kita ketahui banyak anak yang suka aktif berlarian hingga menimbulkan keringat. Pilihan aksesoris yang berlebihan sangat tidak disarankan untuk anak. Lebih baik fokus kepada pemilihan model yang cocok untuk dikenakan oleh si kecil.

Desain baju batik terkadang sering dikombinasikan dengan campuran bahan lain. Oleh sebab itu pastikan jenis kain yang dipilih tidak menimbulkan alergi.

Pilihan warna
Warna juga dapat mempengaruhi kualitas fashion anak. Kamu wajib memperhatikan warna kesukaan dari si kecil. Banyak anak yang menyukai warna – warna cerah, namun pastikan juga untuk mencocokkannya dengan warna kulit. Warna pakaian yang di pilih harus dikombinasikan dengan warna kulit agar dapat terlihat cantik.

Misalnya jika anak memiliki kulit sawo matang, maka baju yang cocok digunakan adalah berwarna cerah dan motif yang besar – besar. Hal yang perlu dihindari adalah tidak boleh memilih warna krem karena akan menimbulkan kesan yang lusuh saat digunakan anak.

Hati – hati dengan baju couple ibu dan anak
Banyak ibu yang menginginkan menggunakan baju yang sama dengan anaknya. Namun perlu di ingat bahwa boleh saja memilih motif yang sama, namun motif dan desainnya harus sederhana agar tidak mengganggu ruang gerak si anak. source : prelo.co.id
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: