Diberdayakan oleh Blogger.

Ketahui Jenis Motif Batik dari Berbagai Daerah di Indonesia (Bagian 2, Habis)

By | 07.30 Leave a Comment
BATIK SEMARANG - Luasnya wilayah Indonesia membuatnya memiliki berbagai jenis motif batik dari berbagai daerahnya. Mungkin selama ini kamu hanya tahu beberapa jenis motif batik saja seperti motif Megamendung dari Cirebon. Tapi sebenarnya, motif batik di Indonesia lebih dari itu. Berikut lanjutan pembahasan tentang ini beberapa jenis motif baik dari berbagai daerah di Indonesia.


Batik Aceh


Memiliki corak yang cenderung lebih besar dari pola batik lainnya. Motifnya menggunakan teknik cap dan tulis.


Batik Cirebon


Salah satu motif yang menjadi ciri khas kota Cirebon adalah batik Mega Mendung. Dengan membuat pola sepertu awan yang dibuat secara menyambung menjadi bentuk awan.


Batik Jombang


Pertama kali muncul batik Jombangan sejak tahun 1993. Diawali oleh salah seorang warganya yang mencoba membuat sebuah kerajinan batik yang kemudian diikuti oleh warga lainnya. Batik jombang berkiblat kepada solo yang pada waktu itu kaya akan motif. Motif Jombangan diadaptasikan dengan pola candi arimbi yang terdapat di daerahnya. Sedangkan penggunaan warna pada batik Jombang menggunakan warna alami dan warna hasil sisa limbah.


Batik Banten


Motifnya antara lain datulaya, mandalikan, pasulaman dan banyak lagi. Batik ini memiliki warna yang meriah.


Batik Tulungagung


Batik daerah ini sangat berani dalam memainkan warna. Warna yang banyak digunakan unduk membuat batik Tulungagung adalah hitam dan coklat.


Batik Kediri


Batik kota Kediri sangat khas dengan bulatan-bulatan kecil. Secara keseluruhan kain batik ini menjadi sangat elegan bila dikenakan.


Batik Kudus


Kamu akan memiliki persepsi berbeda ketika melihat motif batik Kudus. Pasalnya batik Kudus ini terpengaruh dari Pekalongan, Yogyakarta, dan Solo. Menurut cerita, dulu banyak pedagang Cina yang membawa batik dari daerah tersebut ke Kudus.


Batik Jepara


Motif daerah ini bisa dibedakan menjadi dua jenis, motif lama dan motif baru. Motif lama memiliki pola dengan warna lung hitam, gajah coklat, daun ulir hijau, dan sebagainya. Sementara motif baru adalah batik tulis dengan banyak variasi.


Itu dia jenis motif batik dari berbagai daerah di Indonesia.



Sumber: bintang.com
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: