Diberdayakan oleh Blogger.

Batik Jadikan Momen Spesial Bersama Keluarga di Hari Lebaran

By | 07.00 Leave a Comment

BATIK SEMARANG -  Kedatangan bulan suci Ramadhan semakin dekat. Hal ini tentunya membuat keluarga Prelovers mempersiapkan segalanya mulai dari kemantapan hati hingga perencanaan momen spesial. Momen spesial bisa Prelovers dapatkan disaat lebaran. Memakai busana yang seragam bersama keluarga menjadi pilihan yang tepat. Busana yang dapat Prelovers pilih bersama keluarga, salah satunya adalah batik. Baju batik couple keluarga bisa menambah kekompakan Prelovers bersama keluarga. Tak hanya itu, dengan memakai batik khas Indonesia akan menambah rasa cinta terhadap budaya dan keunikan yang dimiliki oleh Indonesia. Batik Indonesia sendiri memiliki berbagai macam motif. 

Berikut macam-macam motif batik Indonesia.

Motif Batik Sekar Jagad
Motif ini merupakan salah satu motif yang memiliki khas tersendiri di Indonesia. Batik jenis ini berasal dari Jawa, lebih tepatnya Yogyakarta. Makna Segar Jagad sendiri adalah keindahan atau kecantikan yang membuat orang yang melihatnya jadi terpesona. Namun, ada juga yang menafsirkan bahwa makna dari motif yang berbentuk seperti pulau-pulau ini adalah “kar jagad” yang memiliki arti peta dunia dalam bahasa Jawa.

Motif Batik Keraton
Pada awalnya, motif batik Keraton sangat eksklusif. Rakyat biasa tidak diperkenankan untuk memakai motif ini karena yang boleh memakai hanya Sultan dan keluarganya saja. Namun, untuk saat ini peraturan tersebut dicabut dan rakyat biasa sudah boleh memakai motif ini. Penyebab eksklusifnya motif ini adalah karena penemu motif awalnya adalah putri-putri keraton Yogya sendiri yang notabene masih anggota keluarga Sultan.

Motif Batik Jepara
Motif batik Jepara dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu motif lama dan motif baru. Motif batik Jepara lama memiliki pola dengan warna lung hitam, gajah coklat, flora dan fauna daun ulir hijau dan lainnya. Sedangkan  batik baru Jepara adalah batik tulis yang memiliki banyak variasi. Batik Jepara sendiri juga terkenal dengan sebutan batik Kartini.

Motif Batik Kawung
Motif batik Kawung ini mungkin sangat dikenal oleh kakek-kakek Prelovers sejak dulu. Hal ini dikarenakan motifnya merupakan salah satu motif batik tertua di Indonesia. Dahulu, motif ini hanya boleh dipakai oleh orang-orang kerajaan sebagai kain sarung raja maupun permaisurinya. Motif kawung ini merupakan gambaran dari buah kawung alias buah aren.

Motif Batik Pekalongan
Kebanyakan motif dari Pekalongan dipengaruhi oleh kebudayaan-kebudayaan luar yang datang karena faktor perdagangan. Hal ini disebabkan karena letak kota Pekalongan sangat strategis sekali untuk lokasi perdagangan disebabkan mudah dicapai dari segala penjuru. Sebagian motif batik Pekalongan ini didominasi dengan bentuk-bentuk fauna, namun kebanyakan tetap didominasi dengan motif tumbuh-tumbuhan.

Motif Batik Mega Mendung
Motif yang berasal dari kota Cirebon ini memiliki ciri khas tersendiri dalam membuat motif. Diantara motif yang paling populer bahkan menjadi ciri khas kota Cirebon adalah batik Mega Mendung. Batik Mega Mendung diisi dengan pola-pola berbentuk awan dengan diberi warna yang gelap seperti biru tua, merah tua, hijau tua dan sebagainya.

Demikian ulasan mengenai macam-macam motif batik Indonesia yang memiliki ciri khas tersendiri. Tampil kompak bersama keluarga Prelovers di hari lebaran akan menjadi momen spesial yang tak akan pernah terlupakan. Tapi jangan lupa untuk selalu menjaga hati agar Prelovers dapat melewati bulan Ramadhan dengan penuh suka cita. source : prelo.co.id
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: