Diberdayakan oleh Blogger.

Kampung Batik Karah Dirikan Koperasi untuk Lancarkan Pemasaran

By | 10.42 Leave a Comment
Foto: surya (tribunnews)

BATIK SEMARANG - Koperasi Aryasa di Jalan Karah 120, Surabaya, sempat menjadi solusi pemasaran seluruh produk batik hasil binaan Batik Bayusumilir.

Ketika didirikan pada 2014, koperasi ini beranggotakan 20 perajin batik lintas usia. Harapan bahwa Kampung Karah sebagai tujuan berburu batik sempat memuncak kala itu.
Namun, jumlah perajin lambat laun berkurang karena berbagai kesibukan dan alih pekerjaan mereka.

Tim Pengawas Koperasi, Titik Istariah mengungkapkan, produk batik di koperasi ini, awalnya tidak hanya dari perajin di Karah. Namun, dipasok dari berbagai wilayah di Surabaya dan produknya banyak yang masih berada di koperasi.

“Saat ini semua anggota bekerja, hasil produk yang dulu masih ada. Nggak ada produk baru, apalagi memasarkannya cukup sulit,” ungkap Titik.

Menurutnya, produk batik tulis memang sedang sepi peminatnya. Selain harganya tinggi, masyarakat juga terbiasa membeli baju dengan harga yang lebih murah.

“Kami berencana merombak kepengurusan koperasi. Secara mandiri kami akan menghimpun perajin yang sempat ikut latihan di Karah,” ujarnya.

Ia berharap, dengan berubahnya keanggotaan itu, perajin batik di Karah yang jumlahnya masih terbatas dapat terbantu pemasaran produknya.

Sebab, melalui koperasi pula, banyak didapatkan tawaran pameran batik, yang bisa membantu mengenalkan produk batik warga Karah.

Sumber: http://surabaya.tribunnews.com/
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: