Diberdayakan oleh Blogger.

5 Tips Merawat Sepatu Batik

By | 11.18 Leave a Comment
BATIK SEMARANG - Mendengar 'sepatu batik' terlintas di pikiran, "Sepatu dikombinasiin dengan kain batik, ish mana bisa jadi keren." Tetapi nyatanya, dalam sebuah festival payung yang menjadi acara tahunan Kota Surakarta, sekumpulan anak muda menari mengenakan sepatu batik. Para perempuan mengenakan high heels dan bootie heels dibalut kain batik, dan para lelaki mengenakan boot batik.

Buat Anda yang memiliki sepatu batik, tentunya harus bisa merawatnya dong. Tidak lucu kan, sepatu terkena noda terus dibiarkan saja atau salah membersihkan yang efeknya membuat sepatu terlihat kusam.

Agar Anda tidak salah langkah dalam membersihkan dan merawatnya, 5 tips ini bisa Anda lakukan di rumah.


1. Mencuci kain batik

Cuci kain batik  dengan lerak. Apa itu lerak? Cairan yang digunakan untuk mencuci batik agar tetap awet. Lerak ini bisa Anda beli di supermarket atau di toko batik. Perlu diingat, jangan pernah mencuci batik dengan deterjen, pemutih dan softener karena bisa merusak warna.


2. Gunakan sikat halus

Sikat halus ini digunakan untuk membersihkan sepatu dari debu atau kotoran yang tidak terlalu menempel.

Caranya, dengan menggosok perlahan, jangan terlalu kencang karena nanti bisa sobek. Apabila bagian sepatu ada yang menggunakan beludru, pakailah kuas cat kecil, hal ini untuk menjaga sepatu agar tidak cepat bulukan.


3. Membersihkan noda

Apabila sepatu Anda terkena noda, misalnya kejatuhan sambal, gunakan air hangat untuk membersihkannya. Jika nodanya masih bandel juga tidak mau keluar, Anda bisa mencampurkan air dengan perasan jeruk nipis. Lalu ambil kain halus dan usapkan di bagian yang terkena noda. Bisa juga Anda teteskan langsung perasan jeruk nipis di atas noda.


4. Hindari sinar matahari langsung

Jika Anda selesai mencuci sepatu batik, hindari menjemur di bawah sinar matahari secara langsung. Karena ini bisa menyebabkan warna cepat pudar dan merusak batik itu sendiri. Jemurlah di tempat yang teduh.


5. Angin-anginkan

Setelah memakai sepatu, ada baiknya diangin-anginkan di ruang terbuka. Tapi, bukan di bawah sinar matahari, ya. Carilah di tempat teduh, misalhnya di balkon kamar atau teras rumah. Tidak perlu lama-lama, sejam saja sudah cukup.

Bagaimana? Praktis bukan tipsnya? Mudah dan cepat pun bikin awet sepatu batik yang Anda punya.

Disadur dari hujanpelangi.com
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: