Diberdayakan oleh Blogger.

Geliat Batik Jambi di Ajang Muslim Fashion Festival 2017

By | 13.56 Leave a Comment
Tekad Gubernur Jambi, Zumi Zola bersama sang istri Sherrin Tharia mengangkat batik Jambi ke kancah nasional mulai membuahkan hasil. Batik khas negeri Siginjai itu menjadi ikon di ajang Muslim Fashion Festival Indonesia (MFFI) 2017 yang digelar sejak 6 April 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Pada malam penutupan MFFI, Minggu malam, 9 April 2017, Sherrin Tharia selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi menggandeng desainer kondang, Barli Asmara. Berbagai motif batik tradisional Jambi digarap Barli menjadi mode busana yang modern dan fashionable dipadu dengan tengkuluk atau penutup kepala khusus perempuan Melayu Jambi.

"Barli menampilkan desainnya dengan perpaduan batik Jambi dan dominasi warna dasar yaitu hitam putih. Sehingga lebih menarik dan bersifat fashionable," ujar Sherrin.

Ia bangga karena batik Jambi benar-benar bisa masuk ke segala kalangan. Mulai dari orang tua, remaja, bahkan anak-anak. Dengan ajang MFFI itu, Sherrin berharap memicu kreativitas para desainer untuk menggali potensi batik di Jambi maupun daerah lain.

Sementara sang desainer Barli Asmara mengatakan, dengan mengangkat tema 'Jambi Kain Negeriku' bisa lebih mengangkat pamor batik Jambi di kancah nasional. Ia mengaku pada 2017 ditunjuk sebagai duta Provinsi Jambi untuk memperkenalkan batik Jambi ke masyarakat luas.

"Tak hanya batik, kita juga memperkenalkan penutup kepala bagi perempuan yakni tengkuluk. Juga ikat kepala untuk pria yakni lacak," ujar Barli.

Berdasarkan sejumlah catatan di museum Jambi, batik Jambi mulai dikembangkan secara luas sejak 1980-an. Seiring waktu, muncul banyak perajin batik tradisional di Jambi, terutama di kawasan Jambi Kota Seberang.

Motif Batik Jambi beragam rupa terutama motif flora dan fauna. Beberapa di antaranya adalah motif Bungo Pauh, Batanghari, Kapal Sanggat, Durian Pecah, motif Angso Duo dan masih banyak lagi.
Sumber : liputan6.com
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: