Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Memilih Batik Agar Tak Salah Pilih

By | 13.36 Leave a Comment
Berbagai macam corak unik dan warna menjadikan batik Indonesia ini sangat spesial sesuai dengan khas daerahnya masing-masing. Oleh karena itu, kadang hal ini yang membuat kita bingung menentukan pilihan batik mana yang cocok bagi kita.

Fitting/Ukuran

Tips memilih batik yang baik adalah perhatikan ukuran. Ukuran menjadi hal yang utama dalam memilih batik, karena hal ini akan menunjang penampilanmu. Jangan pilih batik yang kebesaran atau kekecilan, karena hal ini bakalan tidak enak dipandang. Perlu diketahui memakai batik bagi pria pada umumnya caranya adalah dikeluarkan, tidak dimasukkan dalam celana. Makanya, kamu perlu memperhatikan agar tidak terlalu panjang atau terlalu pendek.

So, kamu harus respect dengan ukuran baju batik pilihanmu agar pas dengan badanmu, karena nggak peduli semahal batik yang kamu pakai kalo nggak pas, kelihatan murahan dan nggak cocok. Kamu harus jeli memilih batik, karena kebanyakan batik yang dijual adalah batik yang siap pakai yang kadang-kadang ukurannya buruk, ada yang terlalu lebih ke samping, kadang ada lengan yang terlalu lebar/panjang dan masih banyak lagi.

Bahan

Memilih bahan yang bagus dan sesuai dengan bentuk dan warna kulit adalah tips memilih baju  batik yang selanjutnya. Karena yang membedakan kualitas dari suatu batik adalah bahan untuk membuat batik, yang terdiri dari bahan kain dan cara membatik.

Bahan dengan kelas high end sampai batik biasa berbahan katun. Selain bahan kain untuk batik, cara membatikpun bisa menjadi harga batik lebih tinggi.Tapi ingat tidak selamanya batik tulis berbahan sutra cocok dengan kamu, tergantung warna kulitmu dan keperibadianmu.

Warna

Tips memilih baju  batik yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah warna dominan dasar batik atau background batik. Warna dasar inilah yang bisa menjadi patokan bagi kamu ketika memilih batik untuk dipadupadankan dengan pakaian lainnya atau warna kulitmu.

Warna gelap bisa kamu kenakan saat menghadiri acara kasual seperti merah, kuning atau ungu. Sedangkan untuk menghadiri acara formal kamu bisa memilih warna lebih gelap atau monokrom.

Motif

Motif batik memang beraneka ragam dan karena motif juga berpengaruh, tips memilih batik berikutnya adalah pilihlah motif-motif yang unik dan khas, dan tentunya yang cocok dengan penampilanmu. Pastikan bahwa perpaduan antara warna motif batik dengan warna dasar batik sesuai dan serasi.

Tentukan Event-nya

Sebelum kamu memutuskan membeli baju bati, tips memilih batik anak muda adalah tentukan event mana yang hendak kamu datangi dengan baju batikmu. Tidak ada patokan khusus dalam mengenakan batik. Namun sebaiknya saat kamu datang ke acara casual mengenakan motif flora atau fauna ataupun lainnya dan mempunyai warna dasar dominan terang dengan kemeja lengan pendek.

Sedangkan untuk batik formal lebih baik kamu memilih kemeja bisa lengan panjang atau pendek yang tidak terlalu banyak memiliki variasi model, hanya sekedar simple dan minimalis dan mempunyai satu corak motif batik dengan warna-warna yang lebih soft dan elegan.

Desain

Tips memilih batik anak muda terakhir ini adalah, khusus bagi para cewek. Karena model baju batik yang beraneka ragam, pilihlah desain baju yang sesuai dengan karaktermu, kalo bisa pilihlah desain yang tak banyak di pasaran, agar tampilanmu lebih beda. Nah, itulah tips memilih batik yang bisa kamu praktekkan saat kamu hendak membeli batik.
Sumber : www.youngnesia.com
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: