Diberdayakan oleh Blogger.

Anjungan Jawa Barat TMII Gelar Pameran Batik

By | 07.00 Leave a Comment
Anjungan Jawa Barat TMII Gelar Pameran Batik
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat melalui Balai Pengelolaan Anjungan Jawa Barat Taman Mini Indonesia Indah menggelar “Pameran Batik Jawa Barat”. Potensi kain batik Jawa Barat berkembang sangat pesat dengan 4000 orang lebih pengrajin dihampir 27 Kabupaten dan Kota.

“Potensi kain batik Jawa Barat selama ini baru dikenal oleh kalangan tertentu pecinta kain batik, kalau tidak batik Trusmi Cirebon pasti batik Garut. Padahal setiap kabupaten dan kota di Jawa Barat memiliki batik dengan ciri khas masing-masing, karena itu untuk memperkenalkannya Balai Pengelolaan Anjungan Jawa Barat Taman Mini Indonesia Indah (BPA Jabar TMII) kembali menggelar ‘Pameran Batik Jawa Barat’ untuk keduakalinya,” ujar Kepala Disparbud Jabar Ida Hernida didampingi Kepala BPA Jabar TMII, Indah Ine Hermina, seusai peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 71, Rabu, 17 Agustus 2016.

Pameran Batik Jawa Barat menurut Ida, selain dalam rangka HUT RI ke 71, juga untuk menggali potensi Jawa Barat terus dilakukan termasuk mengembangkan keragaman batik. Selama ini motif Mega Mendung, Singa Wadas, Patran Keris, dan Simbar Menjangan dari Cirebon sudah dikenal luas, sementara motof-motif asal Ciamis, Cianjur, Bogor, Garut, Indramayu, Sumedang, Tasikmalaya, Banjar dan lain-lain masih belum dikenal.

“Tentunya melalui Pameran Batik yang akan berlangsung Sabtu dan Minggu (20-21/8/2016) mendatang selain memperkenalkan juga bertujuan sebagai upaya pelestarian, perlindungan dan pembinaan terhadap perkembangan Jawa Barat. Kita sangat berharap melalui Pameran Batik Jawa Barat, masyrakat semakin mengenal,” ujar Ida.

Dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia, Anjungan Jawa Barat Taman Mini Indonesia Indah juga menggelar lomba melukis Payung Geulis. Kegiatan melukis diatas media Payung Geulis, selain sebagai bentuk pelestarian juga merupakan bagian dari upaya menjadikan Payung Geulis asal Tasikmalaya menjadi Warisan Budaya Tak Benda Nasional asal Jawa Barat.
Sumber :www.pikiran-rakyat.com
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: