Diberdayakan oleh Blogger.

5 Kota Membeli Batik Murah

By | 06.00 Leave a Comment
5 Kota Membeli Batik Murah
Siapa yang tidak kenal dengan batik?. Batik dari dulu menjadi warisan budaya dan menjadi ikon busana Indonesia. Batik oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009. Busana atau kain batik  pewarnaannya menggunakan malam. Di Indonesia terdapat berbagai macam motif batik yang menunjukkan ciri khas daerah masing-masing. Bermacam macam motif batik yang luar biasa. Apakah itu dari bentuk-bentuk geometris atau motif alam seperti bunga, kuncup daun, kupu-kupu, serangga atau ikan terkenal seluruh dunia.

Pada dasarnya ada dua jenis batik yang Anda dapat anda beli yaitu batik cap dan batik tulis. Batik tulis dibuat menggunakan tangan (hand made) yang mana pola dan warna ditulis diatas kain dengan menggunakan suatu alat yang disebut canting. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan. Karena itu batik tulis akan berharga lebih mahal dari batik cap. Ada banyak kota-kota di Indonesia khususnya di Jawa yang merupakan pusat  membeli batik murah. Apa saja kota-kota tersebut?

Yogyakarta: Terletak di Jawa Tengah dan terkenal sebagai pusat budaya pulau, desain mereka banyak dan kota ini terkenal untuk produksi tekstil. Warna dominan berwarna cokelat, indigo dan putih. Salah satu bagian paling indah batik dengan grompol motif dan khas desain Yogya. Digunakan terutama untuk pernikahan dan upacara, pola melambangkan kedatangan sesuatu yang baik, seperti keberuntungan, kebahagiaan, anak-anak, dan hidup harmonis. Yogyakarta ini juga dikenal  Jalan Malioboro, Pasar Beringharjo dan di galeri batik yang banyak tersebar di seluruh kota.

Surakarta (Solo): Terletak 60 kilometer timur Yogyakarta, Surakarta memiliki salah satu pasar batik terbaik yaitu Pasar Klewer. Batik Surakarta ini kaya warna krim dan cokelat dengan emas kekuningan. Corak yang sering diapakai adalah motif bunga dan burung. Surakarta adalah kota lama dalam produksi batik dan banyak pembeli lebih memilih untuk membeli batik mereka di sini daripada di Yogyakarta. Dengan gaya lokal yang khas batik adalah malam solo, warna-warna cerah dengan latar belakang hitam. Ada beberapa tempat di mana Anda dapat mempelajari seni dalam kursus batik Surakarta.

Pekalongan: Kota ini menjadi peran penting dalam produksi batik dan juga dalam pengembangan desain batik modern. Batik yang diproduksi di sini benar-benar menakjubkan dengan penggunaan warna-warna yang cerah dan tokoh-tokoh yang alami menjadi terkemuka seperti burung merah dan biru dan bunga-bunga pada latar belakang merah muda atau putih. Batik lembut baik dalam tekstur dan desain dan harga keindahannya. Ada banyak pabrik batik di Pekalongan dan itu worth mengunjungi beberapa dari mereka untuk memberikan wawasan ke dalam produksi.

Cirebon:Kota ini terletak di pantai utara Jawa, Batik Cirebon dikenal sebagai Kencana Ungu dan batik terbuat dari kapas yang dipintal halus. Karena penduduknya banyak dari cina, motif yang ditemukan di batik mereka ini didominasi motif Cina. Motif meliputi harimau, naga, gajah dan singa. Seperti kebanyakan lukisan Cina, batu di mana-mana dan awan juga dapat ditemukan dalam desain batik mereka dan bentuk batik ini memiliki delapan warna.

Madura: Sebuah pulau di lepas pantai utara-timur Jawa, Madura yang terkenal dengan karapan sapinya, juga menghasilkan beberapa batik dikenal sebagai Batik Madura dan ditandai dengan motif bunga dan burung, dengan petunjuk dari seni Cina. Kaya, , kemerahan cokelat atau warna indigo memiliki motif naga bersayap ular, kuda-kuda bersayap dengan fishtails, hiu dan binatang aneh lainnya. Corak / motif yang diambil dari makhluk laut adalah refleksi dari profesi penduduk yaitu memancing. Anda juga akan menemukan pengaruh motif pesisir Jawa utara  misalnya bunga dan burung. Kerajaan Mataram juga pernah menguasai daerah ini sehingga motif jawa utara juga dapat dilihat di batik Madura. Di Pamekasan terdapat pasar batik yaitu di pasar tujuh belas.
Sumber : pamungkaz.net
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: