Diberdayakan oleh Blogger.

Beberapa Teknik Penyimpanan Batik Agar Tetap Awet

By | 07.30 Leave a Comment
Beberapa Teknik Penyimpanan Batik Agar Tetap Awet
Batik merupakan kekayaan budaya Indonesia dan merupakan warisan leluhur yang bernilai tinggi. Keindahan desain dan motif batik sangat mendukung penampilan pemakanya. Namun, bagaimana agar keindahan batik ini awet ? Nih, teknik penyimpanan batik.

Dikutip dari GriyaWisata.Com, menurut Carmanita, seorang desainer busana batik sekaligus cucu pencipta lagu anak-anak Ibu Sud, ada beberapa teknik yang harus diketahui dalam penyimpanan batik.
Sekarang ini, kain bermotif batik tidak hanya sebagai penunjang penampilan namun juga memiliki nilai investasi yang cukup menggiurkan. Namun jika motif dan corak dari batik tulis tidak terjaga karena salah perawatan, bukan tidak mungkin hal ini bisa berdampak pada berkurangnya nilai harga jual koleksi batik kesayangan Anda kedepannya.

Menurut Carmanita, wanita kelahiran Bandung, 10 Juli 1956 ini di gedung Kemenpar, Jakarta, Senin (21/3/2016) mengatakan, "Sebaiknya simpan batik dalam peti kayu jati lalu diletakkan akar wangi yang dibungkus kedalam kain kasa".

Dia juga menjelaskan, bahwa untuk memperoleh akar wangi pun tidak sulit, karena bisa dijumpai di toko penjual jamu. Menurutnya, akar wangi lebih ampuh mengusir ngengat atau kutu yang bisa merusak permukaan kain, serta menebarkan aroma wangi dibandingkan menggunakan kamper.

Mulai dari saat ini, anda harus tahu cara menyimpat dan merawat batik agar tidak cepat rusak.
Sumber : tour.seruu.com
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: