Diberdayakan oleh Blogger.

Yuk, Simak Sekolah Batik Gratis di Jember

By | 07.00 Leave a Comment
Yuk, Simak Sekolah Batik Gratis di Jember
Batik Semarang - Berawal melihat banyak anak di kampungnya yang putus sekolah, dan terharu menatapi warga yang tidak memiliki pekerjaan, Wulan membuka sekolah batik gratis di Jember, Jawa Timur.

Bak gayung bersambut, puluhan warga desa kemudian mendaftarkan anak mereka ke sekolah batik tanpa harus dipungut biaya. Wulan, ibu dari dua putra, yang merupakan warga Desa Tegal Waru, Kecamatan Mayang, Jember, ini dengan sukarela membuka pintu sekolah batik di rumahnya untuk membantu anak-anak di desanya bisa menatap masa depan.

Terlebih lagi ibu dari anak-anak tersebut yang menganggur juga diajak belajar membantik.

“Saya terharu melihat banyak warga di sini yang menganggur, menyebabkan anak-anak mereka tidak sekolah. Akhirnya, saya mendirikan sekolah ini secara gratis agar mereka belajar membatik,” ujar Wulan yang memiliki keahlian membantik dari ibunya.

Dengan mengajak anak-anak dan warga membantik, diharapkan mereka bisa memiliki keahlian sehingga mendapat penghasilan. Dari mengikuti pelatihan di sekolah batik ini, anak-anak dan orangtua mulai lihai membantik. Kini banyak dari mereka direkrut untuk mengembangkan usaha di sejumlah desa.

“Beberapa siswa juga akan membuka usaha sendiri selepas belajar dari sekolah batik ini,” ujar Wulan.

Faika, salah satu siswa membantik, menyatakan senang ikut bergabung sekolah batik yang didirikan Wulan. Dari sekolah tersebut, ia banyak mengenal cara membantik yang benar.

“Banyak motif dalam membantik yang membutuhkan konsentrasi. Ini yang akan menjadi keinginan saya untuk belajar lebih jauh,” ujar Faika.

Lain halnya dengan Ratna. Gadis manis ini mengungkapkan, setelah selesai belajar membantik di sekolah batik gratis. Ia akan membuka usaha batik sendiri tentunya dengan mencari modal untuk membeli bahan-bahan yang diperluhkan untuk memperluas usaha batiknya.

“Sekolah batik gratis ini memberikan banyak inspirasi bagi saya untuk membangun usaha sendiri,” ujarnya.
Sumber : .okezone.com
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: