Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenal Alat Alat dalam Proses Membatik

By | 07.00 Leave a Comment
Mengenal Alat Alat dalam Proses MembatikBatik Semarang - Dalam proses membatik sejak dahulu menggunakan alat alat yang bisa dibilang tidak banyak perubahan.hal inilah yang membedakan proses dalam pembuatan batik dengan jenis kain lainnya..mungkin dari kita ada yang sudah pernah melihat atau bahkan tahu alat2 dalam membatik.dalam membatik kita harus menyiapkan alat alat yaitu:

GAWANGAN:alat atau perkakas yang digunakan untuk menggantung dan membentangkan kain mori dalam proses membatik.

BANDUL:semacam pemberat yang digunakan untuk menahan kain batik dalam proses membatik agar tidak mudah bergeser saat proses membatik.

WAJAN:adalah wadah yang digunakan untuk mencairkan malam.

KOMPOR:untuk memanaskan malam.

TAPLAK:alas yang digunakan untuk menutupi si pembatik agar tidak terkena tetesan malam saat membatik.

SARINGAN MALAM:untuk menyaring malam agar tidak bercampur kotoran.

CANTING:adalah alat yang digunakan untuk membatik.berbentuk seperti cawan kecil yang ujungnya berisi lubang untuk menorehkan malam pada kain.

MORI:adalah kain yang digunakan untuk membatik.

LILIN/MALAM:Lilin atau “malam” ialah bahan yang dipergunakan untuk membatik. Sebenarnya “malam” tidak habis (hilang), karena akhirnya diambil kembali pada proses mbabar, proses pengerjaan dari membatik sampai batikan menjadi kain. “malam” yang dipergunakan untuk membatik berbeda dengan malam atau lilin biasa. Malam untuk membatik bersifat cepat menyerap pada kain tetapi dapat dengan mudah lepas ketika proses pelorotan.

POLA:adalah yang digunakan sebagai acuan atau contoh dalam membentuk motif2 dalam membatik.pola ini banyak farian dan ukuran tergantung dari teknik yang dipakai oleh sentra2 pembatik.STAMP:dalam pembuatan batik modern saat ini banyak sentra batik menggunakan alat yang terbuat dari besi yang dibentuk seperti motif2 yang diinginkan.dalam penggunaannya alat ini menyerupai stampel sesuai motif.
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: