Diberdayakan oleh Blogger.

Jangan Cuci Batik Dengan Mesin Cuci

By | 07.00 Leave a Comment
Jangan Cuci Batik Dengan Mesin Cuci
Batik Semarang - Banyak orang yang tidak mengetahui cara membersihkan kain batik. Padahal batik sangat berbeda dengan kain lainnya, sehingga cara merawatnya juga memerlukan cara yang khusus.

Ada yang membersihkan busana batik mereka dengan cara yang tak sepatutnya. Misalnya dengan menggunakan drycleaning. Padahal bahan kimia dalam drycleaning akan memudarkan warna asli batik.

Kerusakan yang sama dapat ditimbulkan oleh deterjen dalam pembersihan dengan mesin cuci. Upaya terbaik membersihkan batik adalah dengan membersihkannya dengan tangan.

Anda dapat menjaga pesona warna busana batik  kesayangan Anda dengan menyimpannya dengan seksama. Caranya, lapisi busana batik anda dengan kain katun saat menyetrikanya. Agar warna busana batik tidak bercampur saat disimpan di lemari, lapisi busana batik dengan kertas minyak.

Dengan cara yang tepat dalam membersihkan, mengeringkan, menyetrika, dan menyimpan, busana batik Anda bisa tahan lama dan awet keindahannya. Kini, Anda pun bisa menganggap busana-busana Anda sebagai investasi pribadi.

Berikut beberapa tips yang bisa digunakan agar batik kesayangan Anda tetap awet pisahkan pakaian berbahan batik dengan pakaian yang lain.

Gunakan shampoo atau sabun khusus untuk batik (lerak) yang banyak tersedia di toko batik. Lalu, hindari menggosok pakaian terlalu keras. Cukup kucek sebentar. Jangan gunakan mesin cuci.

Jemur di tempat teduh atau cukup diangin-anginkan. Hindari penjemuran di bawah sinar matahari langsung karena akan membuat warna batik cepat pudar. Setelah itu, hindari pemakaian deterjen, mengucek batik ataupun penggunaan mesin cuci karena akan merusak motif dan tekstur batik.

Jangan memeras batik dan jangan dijemur di bawah panas matahari langsung, Namun, cukup diangin-anginkan saja. Jemur kain batik dengan rapi agar tidak perlu disetrika.

Namun apabila perlu disetrika sebaiknya letakkan dulu sehelai kain di atasnya untuk menghindarkan batik bersentuhan langsung dengan panasnya setrika. Hindari menyemprotkan parfum secara langsung pada kain batik sutera dengan pewarna alami.

Untuk penyimpanan dalam lemari, bungkus kain batik dengan plastik dan beri seikat akar wangi yang telah dicelup air panas dan dijemur hingga kering. Agar tidak dimakan ngengat, beri sedikit merica yang dibungkus tisu dan diletakkan di dalam lemari.
Sumber : batampos.co.id
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: