Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Mencuci dan Menyimpan Batik yang Benar

By | 07.00 Leave a Comment
Batik Semarang - Batik meruapakan salah satu hasil budaya Indonesia yang terntu sangat berharga. Kain batik yang ada biasanya dibentuk menjadi pakaian yang tentunya akan menjadi indah. Namun, pakaian dengan corak batik ini tentunya berbeda dari baju lain. Bahan kain yang digunakan merupakan bahan khusus sehingga membutuhkan perhatian ekstra untuk mencucinya. Jadi, bagaimana cara mencuci baju batik dengan benar?

1. Anda harus menyediakan sabun lerak sebelum mencuci batik. Anda bisa mendapatkannya di toko bahan laundry atau toko baju batik.

2. Anda tidak boleh menggunakan mesin cuci untuk mencuci baju / kain batik. Anda harus melakukan pencucian dengan teknik handwash.

3. Masukan Sabun Lerak secukupnya kedalam ember yg telah diisi air 2-3 liter air ( untuk kapasitas mencuci per piece / per potong ).

4. Rendam batik kedalam larutan sabun lerak sekitar 15-30 menit.

5. Saat mencuci, batik jangan dikucek atau diperas, cukup dengan diangkat-celup saja. Untuk bagian yang terlihat kotor seperti kerah, gunakan jari anda untuk menggosok-gosokan secara lembut bagian tersebut agar kotorannya hilang.

6. Bilas batik dengan cara merendam ke dalam air bersih sekitar 5 menit dengan cara diangkat-celup juga, jangan pakai softener, cukup dengan air bersih.

7. Setelah selesai membilas, angkat batik dan serap airnya dengan handuk sambil diremas-remas lembut. Jangan memeras batik karena dapat menghancurkan serat dan merusak bentuknya.

8. Gantung batik di hanger lalu jemur di tempat teduh, jangan terkena sinar matahari langsung.

9. Setelah batik kering, jangan menyetrikanya dengan setrika biasa, gunakanlah hand steamer untuk merapihkannya.
Sumber : blog.evoucher.co.id
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: