Diberdayakan oleh Blogger.

Ya Coblosan, Ya Promosi Batik

By | 07.00 Leave a Comment
Ya Coblosan, Ya Promosi Batik
Batik Semarang - Petugas KPPS akan menyambut para pemilih dengan pakaian khas dalam pemungutan suara pilkada serentak, Rabu ini. Selain itu, usai coblosan, warga bisa menikmati jajanan pasar dan palawija serta berbelanja suvenir hasil karya ibu-ibu PKK, khususnya batik khas Adi Purwo. 

”Ini semua tak lepas dari keguyuban warga,” kata Ketua KPPS TPS 13 Emil Suhendri Bambang Setiawan. Ikhtiar untuk membuat TPS yang berbeda bukan tanpa alasan. ”Selain untuk menarik pemilih, juga sebagai ajang promosi batik khas Purworejo, batik Adi Purwo,” katanya. 

Karena itu, TPS ini akan dihias batik-batik Adi Purwo bermacam warna yang dibentuk seperti kipas. Batik-batik tersebut menghiasi latar belakang bilik suara. ”Pemilih diharapkan tertarik untuk membeli atau memesannya,” kata dia.

 Petugas juga menyediakan makanan-makanan khas pedesaan. Sebuah gerobak angkringan milik salah seorang warga pun dipinjam. Kemarin, berbagai hidangan seperti pisang rebus, kacang rebus, ketela rebus, combro, clorot, klepon, dawet ireng mulai disajikan. ”Warga nyengkuyung. Yang punya tratak ya meminjamkan, begitu pula yang memiliki sound system. Batik yang dipajang milik kelompok PKK,” katanya didampingi Ketua PKK RW8 Katrin. 

Dikunjungi Gubernur Usulan TPS unik juga tak lepas dari dorongan Lurah Purworejo Rita Purnama. ”Kami minta agar didesain yang apik dan memanfaatkan properti milik warga. Di lokasi kan sudah ada pohon-pohon rindang, jadi saya pesan didesain ala pedesaan saja,” katanya. Camat Purworejo Edy Novianto menuturkan, kreativitas dalam membuat TPS akan menarik kehadiran pemilih. ”Di TPS itu jumlah pemilih 406 orang. Semoga banyak yang datang,” ucapnya. 

Keunikan TPS 13 Suronegaran itu menarik perhatian Gubernur Ganjar Pranowo. Menurutnya, ini membuktikan ada gereget dalam ajang demokrasi itu, meski bantuan pembuatan TPS sangat terbatas. ”Kreativitas semacam ini harus diapresiasi sebagai bentuk kontribusi masyarakat dalam mendongkrak partisipasi pemilih. Keunikan-keunikan memang diperlukan untuk menarik perhatian dan kedatangan orang,” kata saat meninjau TPS tersebut, kemarin.
Sumber : suaramerdeka.com
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: