Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Merawat Batik Agar Warna Tidak Pudar

By | 07.00 Leave a Comment
Tips Merawat Batik Agar Warna Tidak Pudar
Batik Semarang - Agar kain batik yang anda miliki tidak cepat pudar perlu penanganan khusus pada saat pencucian dan penyimpanan. Tips cara merawat batik agar warnanya tetap bagus tidak pudar dan awet seperti tertera di bawah ini:
  1.  Ketika mencuci kain batik, pisahkan baju batik dengan baju lainnya.
  2. Cucilah batik dengan menggunakan sabun lerak khusus untuk mencuci batik. Sabun jenis ini sekarang sudah banyak dijual di pasaran. Zaman dahulu batik dicuci dengan biji lerak kering (Jawa:klerek) yang dilarutkan dalam air hangat.
  3. Kain batik sebaiknya tidak dicuci menggunakan mesin cuci. Lebih disarankan hanya bagian yang benar-benar kotor bernoda yang dikucek tanpa memakai sikat. Bagian lainnya cukup diremas-remas perlahan.
  4. Mencuci batik dengan air hangat sangat disarankan oleh desainer sekaligus pecinta batik Indonesia, Edward Hutabarat. Dia juga menyarankan agar menghindari mencuci batik dengan cara diperas.
  5. Saat membilas kain batik, cukup dengan cara dicelupkan ke dalam air bersih.
  6. Menjemur baju batik jangan sampai terkena cahaya matahari langsung. Cukup diangin-anginkan di tempat yang tidak terkontak sinar matahari.
  7. Menyeterika kain batik harus dengan standar, tidak terlalu panas. Ketika menyimpan batik di lemari pakaian, hindari memakai kapur barus. Zat kimia yang terkandung dalam kapur barus dapat merusak serat kain
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: