Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenal Sejarah Hari Batik Nasional

By | 06.00 Leave a Comment
Mengenal Sejarah Hari Batik Nasional
Batik Semarang - Sudahkah Anda menggunakan batik hari ini? Setiap tanggal 2 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Seperti yang kita ketahui, batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia dan telah diakui oleh UNESCO.

Mengapa Hari Batik Nasional selalu diperingati setiap tanggal 2 Oktober? Adakah peristiwa penting yang terjadi pada tanggal tersebut?

Hal ini dimulai dengan mengikutsertakan Batik Indonesia dalam proses nominasi pada tanggal 3 September 2009. Ketika itu, batik sedang ramai diperbincangkan karena ramainya berita mengenai klaim batik oleh Malaysia.

Pada 2 Oktober 2009, Badan PBB untuk bidang kebudayaan, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), menetapkan secara resmi Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) Indonesia.

Alasan UNESCO mengakui batik dikarenakan UNESCO menilai jika batik Indonesia memiliki banyak simbol yang berkaitan erat dengan status sosial, kebudayaan lokal, alam, dan sejarah itu sendiri.

Batik adalah identitas bangsa Indonesia dan batik dipercaya telah menjadi bagian penting setiap orang di Indonesia sejak lahir hingga meninggal.

Pemerintah kemudian menindaklanjutinya dengan menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009. Presiden RI ketika itu, Susilo Bambang Yudhoyono, menjadikan penetapan Hari Batik Nasional ini sebagai wujud rasa syukur dan mendorong untuk terus mengembangkan batik nasional.

Batik pertama kali diperkenalkan ke dunia internasional saat Presiden Soeharto menggunakannya di Konferensi PBB bersama negara-negara lain. Hingga saat ini, batik Indonesia semakin dikenal di kalangan Internasional.

Berbagai tokoh dunia seperti Barack Obama dan Nelson Mandela pernah menggunakan batik saat mereka berkunjung ke Indonesia.

Memperingati Hari Batik Nasional ini tidak hanya cukup dengan kita mengenakan batik selama satu hari penuh.

Peringatan Hari Batik sebaiknya dapat menjadi momen untuk mengingatkan kembali bagi bangsa ini untuk terus menjaga dan melestarikan batik sebagai warisan budaya Indonesia.
Sumber : www.selasar.com
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: