Diberdayakan oleh Blogger.

Perkembangan Baju Batik Modern di Dunia Fashion

By | 07.00 Leave a Comment
Batik Jayakarta BOLERO CABUT SOL PRINT - Rp150,000
Batik Semarang - Baju batik modern turut menyemarakkan dunia fashion Indonesia. Beberapa dekade lalu batik hanya ditemukan sebagai motif pada jarik. Kain jarik dianggap hanya pantas dikenakan bersama kebaya. Semula batik termasuk kain yang langka dan mahal. Proses pembuatan batik tulis memerlukan waktu lama sebab membutuhkan beberapa tahap khusus mulai menyiapkan kain khusus hingga proses pembentukan motifnya.

Prosesnya meliputi membuat pola pada kain (menyungging), menutup pola dengan lilin cair panas (membatik), membabar atau mewarnai, menutup bagian kain yang tidak perlu diwarnai (memopok) dan melarutkan lilin dengan mencelupkan kain ke dalam air mendidih (melorot).

Perkembangan Baju Batik Modern di Dunia Fashion

Perlahan batik mulai berkembang dari semula hanya diproduksi home industri menjadi bahan kain konveksi yang diproduksi industri. Seiring berkembangnya industri batik cap yang memungkinkan batik diproduksi secara massal, kebutuhan akan kain batik semakin meningkat.

Batik tidak hanya dikenakan sebagai jarik namun dimanfaatkan secara luas sebagai pakaian sehari-hari. Bermula sekedar pakaian berbentuk daster untuk bersantai dan kain seragam kain batik berkembang semakin pesat hingga mampu mencuri perhatian pemerhati mode.

Baju batik modern kini berkembang menjadi blus untuk busana kerja, kemeja yang tampak elegan untuk menghadiri pesta dan adibusana untuk gaun malam. Batik juga turut meramaikan mode busana muslimah. 

Baju batik modern tidak hanya dikenal di pasar dalam negeri namun juga melanglang buana ke seluruh dunia. Batik semakin memiliki nama di dunia internasional ketika UNESCO mengakui batik sebagai bagian dari kebudayaan khas Indonesia dan menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Internasional. Smbr
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: