Diberdayakan oleh Blogger.

Memakai Beragam Model Baju Batik Sebagai Simbol Nasionalisme

By | 07.43 Leave a Comment
Batik Semarang
Batik Semarang - Banyaknya ragam Model Baju Batik membuat para penggunanya seperti menggunakan pakaian yang unik. Banyak motif, banyak model, banyak ragam sehingga tiap baju batik memiliki keunikan tersendiri. Karena keunikannya tersebut, kain batik menjadi icon budaya Indonesia yang mendunia.

Kain batik sudah digunakan oleh nenek moyang kita sejak zaman kerajaan majapahit. Para aristokrat atau bangsawan saat itu sudah membiasakan diri mengenakan pakaian batik yang unik dan menarik. Sehingga, kain batik saat itu sering dianggap pakaian para bangsawan, dan hanya bangsawan yang dapat mengenakannya.

Berbeda dengan zaman sekarang ini, pakaian batik hadir dengan perpaduan nilai-nilai modernitas yang ada. Baik dari segi coraknya yang beragam, maupun model dan warna yang lebih bervariasi. Semuanya dikemas dengan kemasan yang lebih modern dan menarik yang menambah daya tarik terhadap pakaian batik.

Sebelum pakaian batik lebih mendunia, pakain batik seringkali enggan dikenakan karena model baju batik yang dianggap ketinggalan zaman. Namun, seiring bertambahnya waktu, banyak pengrajin batik yang membuat model baju batik dan motif batik lebih beragam sehingga tidak terlihat ketinggalan zaman. Aneka desain dan rancangan fashion batik yang ditampilkan para perancang busana telah mampu membawa batik lebih mendunia dan dikenal oleh banyak orang di penjuru dunia. Bahkan pemerintah Indonesia sendiri menetapkan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober, untuk memberikan penghargaan dan kecintaan pada setiap komponen bangsa sehingga batik menjadi salah satu icon budaya bangsa.

Karena banyaknya desain model baju batik yang sangat beragam dan memiliki nilai-nilai modern yang ditawarkan, maka jangan heran jika model baju batik menjadi salah satu jenis model fashion unggulan setiap orang. Pakaian batik banyak dikenakan oleh para pejabat, pengusaha hingga pakaian resmi kenegaraan pun mengenakan motif batik. Batik dipandang sebagai pakaian yang mencerminkan karakter bangsa Indonesia sebagai negara yang berbudaya dan memiliki berbagai khasanah bangsa yang unik dan menarik.

Memakai model baju batik akan terlihat lebih mencerminkan rasa nasionalisme seseorang. Bila Anda ingin tampil dengan sosok seorang Indonesia tulen, maka memilih motif pakaian batik merupakan hal yang tepat. Banyak orang memilih pakaian batik karena ingin tampil lebih nasionalis dan tampak lebih mengindonesia.

Mungkin Anda bertanya, mengapa model baju batik dianggap sebagai pakaian yang mencerminkan rasa nasionalis seseorang? Berikut ini 3 alasan mengapa batik dianggap sebagai pakaian yang mencerminkan rasa nasionalis seseorang, yaitu:

  • Batik adalah pakaian resmi untuk kegiatan kenegaraan, sehingga seseorang yang ingin mengikut sebuah agenda resmi akan lebih membanggakan bila mengenakan pakaian jenis batik.
  • Batik telah diakui dunia sebagai icon Indonesia, jadi memakai sesuatu yang menjadi icon keIndonesiaan merupakan hal yang membanggakan bagi mereka yang sangat mencintai negaranya.
  • Model baju batik memiliki variasi yang cukup beragam, mulai dari untuk jenis kegiatan santai, pesta, formal dan resmi serta aneka model batik lainnya yang banyak diminati kalangan ekonomi lemah hingga kalangan pejabat.


Semua orang bangga dengan pakaian batik. Batik tak lagi hanya menjadi pakaian untuk kaum tua, namun para anak muda, remaja hingga anak-anak pun kini suka mengenakan model baju batik.

Beragamnya model baju batik yang ada di pasaran
Karena beragamnya model baju batik, dari mulai corak, warna, desain, model dan bentuk, membuat pakaian batik dianggap sebagai pakaian yang merakyat. Karena disetiap kalangan ada yang menggunakannya, baik dari kalangan ekonomi lemah, hingga presiden pun mengenakan model baju batik dalam berbagai kegiatannya. Pada dasarnya, secara umum Anda bisa menemukan aneka model baju batik yang ada dipasaran sebagai berikut:

Model Baju Batik Kantor
Saat ini peraturan perkantoran mewajibkan para pekerja kantoran untuk mengenakan baju batik kantor pada hari-hari tertentu. Perusahaan seperti hotel, penerbangan, restoran dan sebagainya banyak menggunakan motif batik sebagai seragam para karyawannya. Bila Anda memiliki sebuah perusahaan, mengapa tak coba memilih pakaian batik sebagai seragam karyawan Anda?

Model Baju Batik Muslim
Model baju batik muslim merupakan salah satu jenis model baju batik yang cukup banyak di pasaran. Ukuran baju batik muslim berlengan panjang atau bisa juga dalam bentuk gamis yang modis. Corak batik menjadi keunggulan dan warna sendiri bagi jenis busana muslim. Disamping bisa tampil sesuai dengan syariah Islam, model baju batik muslim juga akan membuat seorang muslim lebih tampil mengindonesia. Salah satu ciri model baju batik muslim adalah pada kerahnya. Biasanya model baju batik muslim memakai kerah koko, seperti layaknya pada baju koko.

Model Baju Batik Resmi
Pada acara-cara yang tergolong resmi, model baju batik resmi jadi solusi bagi Anda saat mengikuti acara tersebut. Model baju batik resmi banyak digunakan pasangan untuk kegiatan seperti seminar, undangan pesta, syukuran dan sebagainya. Biasanya juga kita temukan dalam bentuk baju batik couple antar pasangan. Memakai jenis baju batik couple akan membuat pasangan terlihat lebih kompak, mencerminkan kasih sayang sesama pasangan. Di samping itu sesama pasangan akan merasa lebih memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.

Model Baju Batik Santai
Model baju batik santai merupakan model yang paling umum ditemukan. Pakaian jenis baju tidur, daster, baju potongan untuk di rumah kita temukan dalam ragam corak batik yang cukup beragam. Dari segi harga jenis model baju batik seperti ini biasaya lebih terjangkau untuk kalangan ekonomi lemah. Model baju batik inilah yang banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional di Indonesia.

Model Baju Batik Kombinasi
Model baju batik kombinasi merupakan model yang paling modern bila dibanding dengan model baju batik lainnya. Sebab model baju batik yang satu ini, perpaduan dari kain batik dengan kain modern yang ada di zaman sekarang ini. Misalnya kain batik dipadukan dengan kain denim atau kain berbahan jeans. Dengan begitu, model baju batik kombinasi lebih terlihat modern dan kekinian. Para pemakai model baju batik kombinasi biasanya kalangan muda yang cinta dengan budaya Indonesia namun tidak menutup juga akan budaya dari bangsa lain. Sehingga perpaduan-perpaduan pada model baju batik kombinasi cocok sekali dikenakan bagi Anda yang berpikiran lebih modern.

Memakai pakaian batik dengan berbagai modelnya merupakan cerminan kecintaan Anda terhadap bangsa Indonesia. Bila bukan kita yang bangga dengan hasil karya anak bangsa, maka siapa lagi? Jangan sampai icon budaya bangsa kita yang satu ini diakui oleh bangsa asing hanya karena kita sendiri yang lalai menjaganya. Smbr
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: