Diberdayakan oleh Blogger.

Baju Batik Anak-Anak Cermin Cantik indonesia

By | 07.00 Leave a Comment
Batik Semarang
Batik Semarang - Baju batik anak anak merupakan salah satu inovasi ide yang patut diacungi jempol karena kaya akan esensi. Membudayakan batik pada anak melalui baju membawa nilai-nilai positif, apa lagi baju merupakan salah satu bagian sandang yang pokok dan sering dikenakan. Dengan demikian anak diajarkan sejak dini untuk mengenal budaya bangsanya sendiri, yakni bangsa Indonesia. Dengan dikenalkan sejak dini pada anak kita, diharapkan batik dapat diteruskan kelestariannya oleh anak cucu kita kelak karena batik merupakan salah satu komponen penting dalam menunjukkan identitas bangsa kepada dunia. Indonesia punya ciri, yakni batik, Indonesia juga harus punya cara, yakni untuk melindungi identitasnya dari caplokan asing, bahkan dari tetangganya sendiri.
Kita harus menanamkan sejak dini kepada anak bahwa mereka tak perlu malu apa lagi gengsi mengenakan batik, karena baju batik Indonesia kini bahkan telah banyak dikenal masyarakat dunia dan mendapat perhatian karena keunikan dan tingkat kesulitan dalam membuatnya. Kita sebagai anak dan cucu dari nenek moyang seharusnya bisa lebih menghargai hasil karya tangan mereka dengan terus melestarikannya agar eksistensi batik tetap terjaga. Mata dunia kini sudah melihat kita, menghargai produk budaya bangsa kita dengan mengenakan busana batik dalam berbagai event. Tinggal bagaimana kita mempertahankan reputasi sebagai bangsa yang berbudaya dan pemilik sejati warisan bangsa, batik Indonesia.
Batik di Indonesia juga bukan satu jenisnya, karena di setiap daerah di Indonesia hampir semua memiliki batik sendiri-sendiri dengan motif dan corak yang berbeda-beda. Sebagai orang tua tentunya kita harus memilih baju yang pas untuk anak-anak, juga berkualitas. Jangan sampai salah pilih karena kini banyak budaya yang jauh dari adat ketimuran sudah banyak disebarkan melalui baju.
Anak-anak yang belum mengerti apa-apa menjadi tanggung jawab orang tuanya. Seorang anak bisa diberi tanggung jawab untuk bangsa atau tidak, juga tergantung bagaimana orang tuanya. Mengenalkan mereka dengan warisan budaya kita seperti batik merupakan salah satu cara yang tepat karena anak pada usianya sangat cepat belajar. Melalui baju batik anak anak, orang tua secara tidak langsung memberikan didikan budaya kepada anak. Namun alangkah lebih baik jika orang tua juga sembari memberikan arahan kepada anak tentang budayanya dan ancaman klaim budaya miliknya ini dari luar. Sumber 
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: